Category Archives: MPASI

Resep Cake Singkong

Cake Singkong ala Bundalf

Resep ini disadur dari harian Kompas, dengan “sedikit” modifikasi bahan..

Bahan:
1.Singkong parut 200gram, setelah diparut diperas menggunakan kain bersih. Sisihkan air kanilnya.
2.Kelapa parut, 200 gram (kelapa yang muda)
3.Gula, 200 gram
4.Mentega, 100 gram dicairkan
5.Telur ayam 4 butir

Pelengkap:
meses coklat

Cara Membuat:
1. Kocok gula dan telur hingga mengembang
2. masukkan singkong parut sedikit demi sedikit, sambil diaduk
3. masukkan kelapa parut, aduk rata
4. masukkan mentega cair dan air kanil singkong.
5. adonan dimasukkan dalam loyang yang telah dialasi kertas minyak atau diolesi mentega dan tepung.
6. taburkan meses coklat diatas adonan.
7. kukus adonan selama 20-30 menit.

Angkat adonan.

Harusnya, adonan dibagi tiga bagian untuk diberi warna dan masing-masing dikukus 10 menitan. baru dikukus lagi selama 15 menit. Berhubung ga punya pewarna, dan punya meses, jadi deh cake nya ditaburi coklat meses… 🙂 hehehehhh..

ini resep murah meriah!! Alfis doyaann bangettt…:)

Langsung nyendookk... nyaaammm

Iklan

3 Komentar

Filed under MPASI, resep

Menu & Gaya Makan Alfis (14 bulan)

Tulisan ini adalah sebagai pengingat tentang menu makanan dan gaya makan Alfis. Sekaligus sharing tentang menu makanan untuk bayi. Khususnya bayi 12 bulan ke atas.

Alfis suka:
– omelet sayuran yang banyak parutan wortelnya (supaya manis)
– abon sapi ! (belum nyoba abon ayam or ikan)
– bubur sumsum (khusus untuk sarapan)
– nasi uduk (khusus sarapan)
– tahu goreng ! (bintang banget nih)
– tempe goreng (khususnya mendoan, tempe goreng biasa kadang-kadang)
– mie/bihun goreng
– ikan rebus dimasak kecap n asem jawa.
– filet ikan goreng tepung (ikannya harus fresh)
– nugget ayam
– Buah ! (kecuali pepaya… aku masih belum tau, kenapa dia ga suka pepaya)
apalagi yaa? hmmm kira-kira itu dulu. Dan yang paling Alfis suka yakni: kerupuk!

Kelakar eyangnya: ‘ntar jadi generasi angin-anginan’. Gara-gara krupuk banyak anginnya?
Sekarang sih udah disiasati, diganti sereal yang kriuk2 (tapi berhasil cuma dua hari aja). Setelah itu harus ganti yang lain.

Gaya makan Alfis:
1. Belakangan ini, dia ga suka makanan berkuah. Jadi, bundanya juga ngikut-ngikut ga masak masakan berkuah deh. (harusnya tetep masak aja ya…)
2. Karena ga berkuah, jadi dia lebih suka disuapin pake tangan ketimbang pake sendok.
3. kalo ada sendok, dia harus makan sendiri
4. kalo makan, bundanya harus makan duluan di depan dia baru dia mau makan.
5. piringnya harus piring bundanya.
6. Seringnya, kalo makan sambil main2… (yeah ini sih harus ngalahin).
7. Kadang, kalo makan harus ada temennya
8. Kalo disuapin, porsi satu suapan harus sedikit, proporsional. Kalo kebanyakan pasti “dilepeh” alias dikeluarkan lagi.

Banyak ya syaratnya?

Oh iya. Setiap hari harus beda menu. Ga masalah meskipun dia udah pernah makan.
Begitulah gaya makan dan menu makan Alfis saat ini. Harus pinter-pinter cari cara dan menu supaya si sibuk ini mau dan doyan makan. Karena dia lagi aktif-aktifnya, lagi seneng jalan, seneng main, seneng eksplorasi.

Satu lagi, kalo lagi ga doyan makan atau ga selera karena sedang sakit atau sebab lain, yang penting adalah jus buah dingin! Hmmm kalo yang satu itu sih bundanya juga mauuuu.

Tinggalkan komentar

Filed under aktivitas, alfis, MPASI, tips dan trik

Makan dengan Kulitnya??

Ternyata, Alfis bisa makan sendiri. Syaratnya harus ada kulitnya.

Siang ini Alfis excited banget. Dia seneng banget. Apa sebab? Dia bisa makan mangga. Makan sendiri dengan tangannya. Tapiii.. Harus dengan kulitnya. Kalo cuma mangga yang dipotong-potong, Alf ga bakal tertarik.

Terbukti, kalau buah yang dipotong hanya dimakan sedikiiit banget. Sisanya cuma diawur-awur di lantai. Nah tadi siang, daging mangganya lumayan banyak dimakan. Karena kulitnya diisep-isep. Tentu aja yang diisep bagian yang ada daging mangganya.

Bunda tadi agak cemas takutnya dia gigit itu kulit trus ditelen. Eehh ternyata ngga. Hihi. Tapi tetep bunda batasi. Karena semua bajunya udah kuning-kuning. Bahkan ampe celana dan kaki. Walaupun dia masih tertarik untuk mencoba.

Bunda narik itu kulit dan mangga ketika pegangannya ngga terlalu kuat. Tanda kalau dia udah agak mengendur rasa tertariknya. So, ga ada acara teriak karena protes merasa direbut.

Setelah acara makan mangga yang ngga biasa itu, Alf terlihat puasssss. Lantai pun ikutan kuning-kuning…

Tinggalkan komentar

Filed under alfis, MPASI