Category Archives: resep

Sate goreng kambing

Kemarin memberanikan diri mengolah daging kambing. Kebetulan dapet daging dan tulangan. Terus dapet resep sate goreng ini dari mama.

IMG_0139.JPG

Bahan
* Daging kambing dipotong sesuai selera (sekira 300 gram)
* Parutan nanas secukupnya (untuk dibalurkan pada daging kambing)
* bawang merah 10 siung dipotong kasar
* bawang putih 4 siung dihaluskan dengan merica butir 1sdt.
* garam secukupnya
* tomat yang masih mengkel dipotong sesuai selera.
* minyak atau margarin untuk menumis

cara membuat
1. daging kambing dibalurkan parutan nanas. sisihkan
2. panaskan minyak/margarin kemudian tumis bawang merah yang dipotong kasar, lalu masukkan bumbu halus ( bawang putih dan merica)
3. masukkan daging kambing yang sudah dibalur nanas
4. aduk hingga daging matang.
5. masukkan tomat, aduk sebentar lalu matikan.

bisa dihidangkan dengan ditambah bawang merah goreng dan timun.

Alhamdulillaah laris manis, untung sempat mengabadikan fotonya yang masih di wajan.

tips:
>daging kambing jangan dicuci dengan air, bersihkan saja dengan tisu kertas.
>saat memasak tidak usah tambahkan air. air sudah berasal dari parutan nanas dan kaldu yang dikeluarkan daging kambing.
> bawang merah lebih banyak dari bawang putih

selamat mencoba

2 Komentar

Filed under resep

Snack: Puding Roti Keju-Coklat

Anggur dan puding roti untuk bekal Alfis dan ayahnya.

Kali ini mau share bekal berupa snck, sebab Alfis mulai sekolah. Puding roti ini mestinya udah banyak orang tau cara membuatnya. Ini bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan:
2 lembar roti tawar
secangkir susu cair
1 butir telur
Keju cheddar batangan, potong kotak-kotak
cokelat meses secukupnya.

Cara membuat:
Panaskan dandang untuk mengukus.
Roti tawar di sobek kecil-kecil. Kalau saya, dipotong-potong supaya cepat prosesnya.
Susu cair, telur, dan sedikit garam di aduk merata. Sisihkan.
Di wadah lain, campur roti tawar yang sudah dipotong, meses, dan keju kotak. Kemudian siram dengan campuran susu-telur.
Masukkan adonan ke wadah yang tahan panas. Saya menggunakan cetakan muffin kecil yang dialasi cup kertas.
Kukus adonan sekira 15 menit. Lalu dinginkan.

Tinggalkan komentar

Filed under alfis, Bekal, resep

Sukiyaki-Nasi Merah

Bekal kali ini sebetulnya udah ngga update. Tapi ini bekalnya mudah untuk disiapkan. Inspirasinya dari menu Jepang. Yakni sukiyaki. Tentu saja dengan sedikit modifikasi, dan sesuai dengan bahan-bahan yang ada.

Bekal nasi merah + sukiyaki

Sukiyaki ala Bundalf,

Bahan:
150 gram daging sukiyaki
Daun bawang potong serong
1 buah Tahu putih dipotong-potong
Sawi putih
Soun diseduh
Margarin

Kuah:
1 liter air
250 cc kaldu
kecap asin jepang
gula
2 siung bawang putih diparut
1-2 ruas jahe diparut

cara membuat:
Margarin digunakan untuk menumis daging sukiyaki dan daun bawang. Jika daging sudah kecoklatan, sisihkan.
Didihkan air dan kaldu, masukkan kecap asin, gula, bawang putih dan jahe. Campur dan aduk jadi satu. Jumlah gula dan kecap asin jepang nya menggunakan ilmu kira-kira. Hehehe sesuai selera.
Kalau kuah sudah mendidih, masukkan deh daging, sawi putih, dan soun yang sudah diseduh.

Sebetulnya sukiyaki lebih enak dimakan panas/hangat. Tapi karena untuk bekal, maka sukiyaki ini kuahnya hanya sedikit dan ditambahkan bawang bombay. Pelengkapnya: Nasi merah, tomat, daun sambung nyawa, dan anggur.

Hahaha…Maaf ya, untuk para master kuliner kalau bekal ini padanan-nya ga nyambung. 🙂

3 Komentar

Filed under Bekal, resep

Dawet Aloe Vera

Dawet Aloe Vera + Buah Naga

Belakangan ini cuaca terasa pengap di rumah. Sering banget gelap mau hujan, tapi panas lagi. Gelap tapi ga jadi hujan. Lalu panas lagi. Berasa ngga habis-habis keringet. Paling enak kalo lagi gerah gini bikin yang seger-seger. Di rumah, Aloe Vera atau lidah buaya yang gede-gede itu udah jadi salah satu stock wajib isi kulkas.

Setelah googling, manfaat Aloe Vera ternyata banyak banget. Salah satunya ada di link ini. Diabetes pun bisa diobati menggunakan Aloe Vera lho. Kata artikel disitu, yang sering digunakan sebagai herbal atau pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller.

Kutipan artikel di link tersebut, Aloe Vera mengandung 72 Zat yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain: 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Zat golongan obat tersebut diantaranya: antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Si Aloe Vera ini jadi menu wajib untuk ayah. Sebab pencernaan-nya lagi bermasalah. Bunda dan Alfis ngikut makan juga. Kalau Alfis, masih tahap perkenalan. Dia agak “ngeri” dengan nama: lidah buaya. Mustinya di awal dikenalkan namanya: Aloe Vera . Hihihi… 🙂

Biasanya bunda bikin Aloe vera ini dikupas, potong-potong dadu, lalu direbus, dan ditambah gula batu. Kali ini bunda punya jeruk pontianak dan buah naga. Maka jadilah Dawet Aloe Vera + Buah Naga.

Bahan
Aloe Vera (yang besar-besar)
Perasan Air Jeruk Pontianak
Buah Naga
Gula Batu
Air untuk merebus

Cara Membuat
1. Aloe Vera dibuang durinya, dikupas, dipotong-potong dadu.
2. Rebus Aloe Vera dengan 3 gelas air. Setelah mendidih, tambahkan gula batu.
3. Kemudian dinginkan. Setelah dingin, tambahkan potongan buah naga dan perasan jeruk pontianak.
4. Sajikan

Suegeeeeerrr bangeet deh. Oh iya, kalau mau sehat dinginkan di suhu ruang aja yaaa…

5 Komentar

Filed under Organik, resep, Tanaman Obat & Herbal

Mie Ayam Wortel

Lagi seneng upload masakan di rumah. Belakangan kalo masak selalu berusaha habis di siang hari. Jadi malam hari menu-nya beda. Supaya makanan cepet habis dan ga mubazir. Karena baru hidup bertiga, dan suami jarang-jarang makan malam di rumah.

Maka resep sederhana dan simpel pengen dicoba. Termasuk Mie ayam wortel ini. Ini resep karangan sendiri. Memanfaatkan semua bahan yang ada di rumah.kebetulan Alfis lagi kepengen makan mie. Jadilah bunda beli mie keriting di minimarket.

Mie Ayam Wortel

Bahan
Mie keriting secukupnya, rebus dan tiriskan. Beri minyak sayur sedikit
Bawang merah diiris tipis
Bawang putih diiris tipis
Daun bawang diiris tipis
Seledri diiris tipis
Wortel potong-potong. Terserah mau potong model apa (Saya bukan orang yg perfect dlm hal estetika makanan. Tapi sering ditegur suami :p. Piisss ayaaah)

Bumbu:
Garam
Merica bubuk
Oregano kering
Jinten hitam
Minyak wijen
Minyak ayam (bekas menggoreng ayam bumbu kuning)

Pelengkap:
Ayam goreng bumbu kuning

Cara Membuat:
1. Sisihkan mie keriting yg udah direbus
2. Rebus Wortel, Daun bawang, bawang merah, bawang putih dalam air mendidih. Jika wortel sudah empuk, matikan kompor. Sisihkan. Ini untuk kuahnya.
3. Taruh sedikit garam, merica bubuk, oregano kering, jinten hitam bubuk, minyak ayam dan minyak wijen di mangkok saji.
4. Letakkan kuah wortel di mangkuk saji. Aduk-aduk.
5. Letakkan mie keriting yg sudah direbus.
6. Sajikan dengan ayam goreng dan seledri, bawang goreng kalau ada.

Voila! Jadilah mie ayam wortel (yang menurut saya) instan.

Bocoran yaaa rebusan bawang putih, bawang merah, dan daun bawang bisa mencegah flu atau masuk angin lho. Lebih ampuh lagi kalau mentah. Ketiga-nya diiris tipis, trus dikasih kecap. Seperti makan sambel kecap, tapi tanpa cabai.

1 Komentar

Filed under resep

Bekal Kuah

Bekal Kuah

Masih dalam rangka membuat bekal yang ‘ringan’ dicerna perut ayah Alfis. Bunda masak sop sayuran. Sayur semua, tanpa ayam dan daging. 🙂

  • Brokoli
  • Buncis
  • Jagung pipil
  • Wortel
  • Daun bawang
  • Seledri
  • Bawang goreng

bumbunya:

  • Bawang putih 3 siung
  • Merica 15 butir
  • Jinten hitam seujung sendok
  • Gula
  • Garam

Semua bumbu langsung masuk air mendidih tanpa ditumis dulu. Berturut-turut masuk: wortel, jagung pipil, buncis. Baru terakhir brokoli, daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Untuk karbohidratnya, bunda bawakan sereal kacang hijau + beras merah.

Kali ini buahnya bunda bawakan pisang untuk Ayah Alfis.

Selamat mencoba yaa.

Tinggalkan komentar

Filed under Bekal, resep

Bekal Rebusan

Bekal Rebusan

Ini bekal simpel banget  (atau karena males yak?) plus sehat. Tapi kurang warna-nya. Lain kali musti dikasih warna lain. Semoga.
Bekal ayah karena lagi sakit perut melilit. Supaya aman, bunda buatkan bekal rebusan ini. Bumbu dasarnya yakni bumbu bacem,

  • Daun salam yang banyak
  • Bawang merah yang banyak
  • Bawang putih 2 siung
  • Lengkuas
  • Gula merah
  • Garam

Semua bumbu diiris. Masukkan jadi satu dengan potongan tempe, tahu dan ayam.
Di resep ibu-ku alias eyangnya Alfis, dikasih daun bambu. Kata beliau,  untuk menetralisir anyir/zat kimia pada ayam pedaging (yang biasanya dikasih pakan pur dan disuntik obat).

Sayurnya? dikukus semua sembari bikin bacem. Huehehe ga mau rugi waktu alias males. Karena semua sayuran kebetulan dah dimakan, jadilah tersisa labu kukus disitu. Besok lagi kudu bikin sayuran yg agak banyak dan variatif.

Semogaaa 🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Bekal, resep