Category Archives: Liburan

Taman Miniatur Kereta Api di Lembang, Bandung.

Hari Sabtu kemarin, Ayah Alfis mendadak ngajak berlibur ke Bandung. Padahal rencana awal bunda mau ke gramedia matraman.

Alfis langsung menyambut ajakan ayah. Dia sudah punya tempat yang ingin dikunjungi yaitu Taman Miniatur Kereta Api di Lembang. Alfis penggemar kereta api Indonesia. Ia pernah menonton berita tentang taman miniatur kereta api ini di TV.

Kami ke Bandung naik travel turun di Balubur Town Square. Lalu mampir makan siang dan sholat di salman. Karena sudah di Salman, kami melongok sebentar ke kampus ITB. Tadinya mau ke toko buku ITB, tapi lupa kalau itu hari sabtu. Tutup tokonya.

Tapi sempet foto sama si T-Rex pasar seni ITB.

Foto bareng t-rex

Foto bareng t-rex

Yuriya di depan t-rex

Yuriya di depan t-rex

Kemudian kami berempat naik angkot ke Ledeng (cicaheum-ledeng dari depan bonbin). Lanjut naik angkot ke Lembang (stasion-lembang). Taman Miniatur Kereta Api ini ada di Floating Market Lembang. Letaknya ada di balik hotel Grand Lembang.

Karena kami naik angkot, mobilnya muterin pasar lembang dulu baru lewat gang pintu masuk Floating Market. Ada plang besar menuju Floating Market. Kami sampai sana sudah Maghrib, jadi ga lihat berapa meter masuknya. Ternyata ga jauh.

Maghrib taman miniatur kereta api tidak beroperasi. Kami pun memutuskan menginap di Grand Hotel Lembang. Esoknya baru kembali lagi ke Floating Market.

Setelah sarapan di hotel, kami langsung check out dan menuju Floating Market. Ada beberapa wahana di Floating Market selain taman miniatur kereta api. Yang bunda lihat antara lain taman kelinci, taman burung, memberi makan bebek soang, dan floating market.

Tiket masuk Floating Market per orang 15 ribu. Bisa ditukarkan dengan welcome drink. Dan masuk wahana Taman Kereta Api bayar lagi 15 ribu per orang. Kami hanya masuk taman miniatur kereta api.

Taman miniatur ini buka pukul 9 pagi, kami pengunjung pertama, keretanya belum keluar saat kami berkunjung. Tapi kami sempat lihat ruang operatornya. Dan lihat beberapa jenis kereta api di dalam.

Alfis bersemangat sekali saat kereta pertama keluar, dia dan beberapa pengunjung kecil berlarian melihat kereta api mini mengitari rel. Yuriya juga tak kalah bersemangat jalan berusaha mengejar kakaknya.

 

IMG_0392

IMG_0394

IMG_0398

Liburan yang menyenangkan! Alfis puas, meski masih penasaran dimana bisa beli kereta api Indonesia. Di toko marchendise nya tidak ada kereta api Indonesia. Adanya kereta jepang dan kereta Thomas.

Untuk yang suka kereta api, liburan panjang kali ini bisa lho berkunjung ke taman miniatur kereta api di Lembang.

Selamat berlibur !

 

 

 

 

 

 

1 Komentar

Filed under aktivitas, cerita keluarga, Liburan

Liburan (1) : Main ke Pasar Malam

Liburan sekolah ga selalu harus ke luar kota. Kebetulan liburan kali ini ayah Alfis lagi banyak training. Maka Alfis lebih banyak menghabiskan waktu liburan di dalam kota dan di dekat rumah.

Salah satu aktivitas liburan Alfis yakni, main di ke pasar malam. Hiburan rakyat yang murah meriah. Saat pertama kali Alfis main ke pasar malem, lapangannya becek. Sebab paginya hujan lebat.

Tapi ternyata Alfis antusias dengan hiburan murah meriah ini. Mainan yang dinaiki Alfis pertama kali adalah semacam komidi putar (eh.. namanya bener ga sih?). Semacam kuda-kudaan yang berputar. Gerakan memutarnya manual, digerakkan oleh tenaga manusia. Jumlah putarannya pun terserah si pemutarnya. Sekali naik lima ribu rupiah.

Naik komidi putar

Naik komidi putar

Permainan kedua adalah naik miniatur kereta api. Rangkaian kereta api kecil ini digerakkan oleh mesin kecil di tengah lintasan rel. Bahan bakarnya solar. Meski suara mesinnya berisik sekali, Alfis tidak merasa terganggu. Dia senang naik di kursi masinis. Cukup lima ribu rupiah juga untuk naik kereta kecil ini.

Alfis naik kereta kecil (sepur cilik)

Alfis naik kereta kecil (sepur cilik)

Dan permainan terakhir yang paling lama adalah memancing ikan-ikanan. Alfis sepertinya paling suka permainan ini. Bayar lima ribu rupiah dan anak-anak bebas mau memancing ikan-ikan plastik itu berapa lama atau berapa kali.

Alfis suka memancing "ikan"

Alfis suka memancing “ikan”

Tapi hari sudah mulai larut, Alfis harus istirahat. Meski lokasi pasar malam dekat dengan rumah, waktu bermain di pasar malam tetap dibatasi bunda. Malam berikutnya, saat ayah baru pulang kantor, Alfis mengajak ayahnya ke pasar malam lagi…:D

2 Komentar

Filed under aktivitas, alfis, Belajar dan Bermain, Liburan

Petualangan Alfis ke Stasiun Manggarai

Menikmati petualangan bersama Ayah

Postingan ini sebetulnya cerita di awal bulan Ramadhan. Ketika itu Alfis kepengen banget naik Gajahwong. Gajahwong adalah nama kereta api ekonomi AC yang baru diluncurkan waktu lebaran tahun 2011. Perjalanan naik kereta api gajahwong akan diceritakan di postingan lain…mudah-mudahan, kalau ga lupa. 😀

Cerita awalnya, Alfis dijanjikan ayahnya mau lihat lokomotif kereta api yang sedang diperbaiki. Padahal, Sabtu itu bunda mau cari kantor dinas pendapatan daerah Bekasi. Alfis mengira mau diajak jalan-jalan naik kereta api. Salah bunda juga sih, ga bilang ke Alfis sejak berangkat dari rumah. Maka siang itu juga ayah memenuhi janjinya. Urusan bunda ditunda untuk waktu yang tidak ditentukan. 😀

Selanjutnya kami menuju stasiun Bekasi. Kata ayah, kita naik KRL AC ke Manggarai. Harapannya di Manggarai ada dipo lokomotif karena itu adalah stasiun besar. Saat itu adalah awal bulan Ramadhan dan siang hari. Keputusan yang mendadak seperti biasanya.Dan Alfis tidak bawa bekal. Syukur Alhamdulillah ada warung nasi yang jualan di dekat stasiun.

Setelah beli karcis seharga @ Rp 4500 (kalau ga salah), kami cari tempat duduk. Alhamdulillah Alfis dan bunda dapat tempat, meski Ayah harus berdiri sementara. Dan Alfis pun menikmati perjalanan dan nasi bungkusnya… 🙂

Alfis “buka” bekal nasi…

Sampai di Manggarai, kami bertiga langsung sholat dzuhur. Baru kemudian melihat-lihat stasiun Manggarai. Ternyata di Manggarai tidak ada dipo lokomotif sodara-sodara! Adanya di stasiun Jatinegara yang udah kelewatan. Di Manggarai hanya ada gerbong-gerbong yang sedang dibersihkan. Tapi Alfis masih tetap senaang…

Apalagi ketika dia meihat jalur kereta yang seputar Jabodetabek. Langsung deh berimajinasi sedang bermain kereta api… meski ga bisa nyampe atas.

Ayo naik kereta api

Setelah jalan-jalan lihat gerbong yang sedang dibersihkan, kami pun pulang lagi ke stasiun Bekasi. tapi harus keluar stasiun dulu untuk beli karcis. Sebab katanya karcisnya ga berlaku bolak-balik seperti busway.

Dulu Alfis senang sekali kereta api. Padahal sudah diberikan beragam buku. Tetap saja yang paling menarik adalah buku tentang kereta api. Lego-legoan pun disusun jadi kereta api dan stasiun. Bahkan nyanyian anak-anak yang dia hafal adalah: Naik kereta api. Mobil dan pesawat kadang-kadang jadi selingan.

Tapi belakangan Alfis lagi suka bermain Diego. Menyelamatkan hewan-hewan yang ada di hutan. Maka sekarang mainnya ga hanya tentang kereta api. Hmmmm …. Gara-gara Alfis, bunda jadi punya cita-cita naik kereta api shinkansen, kereta api maglev, dan TGV bareng Alfis dan ayah…. hihihihi

Noted: Belajar, rekreasi, jalan-jalan, ga harus mahal. Ke stasiun pun jadi petualangan yang menyenangkan!

6 Komentar

Filed under aktivitas, Belajar dan Bermain, Liburan

Belajar Sayuran (Organik) di Kebun Agatho

Horeee kemarin eyang Yinnah ajak Bunda dan Alfis jalan-jalan naik mobil. Eyang dan teman-temannya mau kunjungan ke Puncak, Bogor. Mereka mau melihat sekaligus belajar tentang tanam sayur organik di kebun organik Agatho. Karena yang ikut ga banyak, Bunda dan Alfis bisa ikut jalan-jalan.

Sedikit info, eyang Yinnah udah lama menekuni pertanian organik sejak pindah ke Merden. Spesialisasi eyang, padi organik. Makanya Alfis InsyaAllah selalu dikirim beras organik tiap bulan. Senangnyaa. Sekarang eyang sedang berencana menanam sayuran organik di seputar rumah. Bunda juga mau belajar. Supaya punya kebun sayur sendiri di rumah. Aamiin.

Waktu naik mobil, kata Alfis “AC-nya dinyalain Bunda supaya dingiiiin seperti di kereta Gajah Wong”. Hehe ketahuan banget anak kampung yak. Kampung Bekasi. :p Tapi keriuhan Alfis di mobil hanya sebentar. Begitu masuk tol mau menuju Bogor, dia tidur sepanjang jalan. Sampai di tujuan baru bangun.

Ini dia penampakan kebun organik Agatho dari atas. Topografi kebunnya naik-turun.

kebun organik Agatho tampak dari atas

Bunda ambil gambarnya dari gerbang depan. Yakni di front office atau lebih tepat kios, yang digunakan untuk menjual sayuran dan bibit. Sayangnya saat kita datang, kiosnya tutup. Tapi beruntung ada penjaganya. Banyak pegawai yang libur katanya, makanya kios depan tutup.

Sebelum memulai kunjungan/tour ke kebun, kita harus izin dulu ke kantor yayasan. Kantornya beda letak dengan kebunnya. Agak naik ke atas lagi. Setelah izin, kita didampingi seorang pemandu menuju kebun.

Tempat pertama yang dikunjungi ada di bawah, yakni bangunan yang diperuntukan sebagai tempat pelatihan dan tempat memilah sayuran organik yang akan dikirim ke berbagai tempat. Bangunan ini juga digunakan untuk bertanam sayuran. Jadi pengen punya kebun sayur juga di atas atap begituuu…

Atap bangunan digunakan sebagai kebun sayur

Kebun Sayur di samping gedung

Perkebunan organik ini ada di Cisarua sejak 1983. Pemrakarsanya adalah Peter Agatho, pria berkebangsaan Swiss. Saat ini si Mr Agatho sudah tidak di Indonesia lagi katanya. Perkebunan organik ini dikelola oleh Yayasan Bina Sarana Bakti. Namun masih dibawah binaan Mr Agatho.

Kata eyang Yinnah yang udah pernah kesini, kebun-kebunnya terlihat tidak terawat seperti waktu pertama kali eyang ke tempat tersebut. Kata pemandunya, karena musim kemarau jadi ada beberapa sayuran yang memang belum ditanami.

Lama sekali Alfis dan bunda tidak rekreasi outbound begini. Ayah masih sibuk dengan urusan kantor. Jadi paling banter kita jalan-jalan ke Mall (lagi). Alfis banyak bertanya ke bunda selama jalan-jalan di kebun.

“Bunda, itu bebek ya?”

Agak siang sedikit, Alfis mulai misuh-misuh alias menggerutu. Mungkin karena udah cape dan lapar. Akhirnya di tengah kebun di dekat rumah kompos, Alfis buka bekal.

Bismillaaah

Setelah makan, kita turun ‘gunung’ kembali ke gedung. Setelah itu bunda dan eyang pilih-pilih sayuran dan wortel untuk dibeli. Lalu kita kembali ke kios di atas, beli bibit sayuran. Karena di tempat ini ga ada restorannya, jadi kita makan bakso di depan. Ga pake rencana siih. Mungkin kalau udah konfirmasi sebelumnya bisa dikasih makan kali ya?? Bagusnya Alfis bawa bekal dari rumah.

Terakhir, Alfis beli sayuran untuk oleh-oleh ayah di rumah… 😀

Wortel Organik

Terima kasih Eyaang… udah ajak Alfis jalan-jalan…
Oh iya, kemarin hari Senin tgl  17 September, Alfis ulang tahun ke-4. Anggap aja jalan-jalan Minggu kemarin merayakan ultah Alfis yaa…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

3 Komentar

Filed under alfis, Belajar dan Bermain, Liburan