Category Archives: flu

Obat (dari) Dapur : Sereh

Sebelumnya aku pernah posting obat penangkal flu dari dapur, yakni bawang merah bakar. Terkadang bawang merah bakar tidak mempan untuk kasus tertantu. Seperti kemarin saat Alfis batuk dan flu, bundanya juga ketularan. Sepertinya virus flu yang menyerang ga cukup ditembak bawang merah. Tenggorokan udah berasa mau batuk dan badan udah mulai meriang.

Maka bunda membuat ramuan obat dari dapur, yakni Sereh. Sebut saja ini ramuan Sereh – Sirih untuk mengatasi rasa gatal di tenggorokan sebab dahak berasa menggantung.

Bahan membuat minuman Sereh penangkal Flu-Batuk

Bahan membuat minuman Sereh penangkal Flu-Batuk

Bahan:

Air
Sereh 5 batang
Sirih 5-7 lembar (aku menambahkan 10 lembar, supaya semriwing)
Bawang putih
Bawang merah
Daun bawang
Jinten hitam seujung sendok makan
Kayu manis
Gula merah

Cara Membuat:

1. Potong-potong: Daun bawang, bawang merah, bawang putih, sereh. Jangan lupa memarkan sereh.

Persiapan membuat  minuman Sereh.

Persiapan membuat minuman Sereh.

2. Masukkan semua bahan-bahan ke dalam panci. Kecuali gula merah.

sirih-sereh 2

3. Didihkan air dan bahan-bahan. Setelah mendidih, kecilkan api. Biarkan 10 menit hingga air berkurang sampa setengahnya. ( Dua gelas air  menjadi 1 gelas).

sirih-sereh 3

4. Sebelum dimatikan apinya, masukkan gula merah yang sudah disisir. Setelah gula merah larut, matikan api.

5. Minum selagi hangat.

Alhamdulillaah tidur jadi nyenyak setelah minum ramuan sereh ini. Dan tenggorokan pun berasa lega setelah dua malam minum ramuan ini.

Tips: Saat menunggu ramuan sedikit asat, harus ditunggu. atau menggunakan timer. Supaya tidak lupa mematikan kompor.

Aku sering lupa mematikan kompor, jadi kadang terlalu asat. Atau gosong. :p Hihihi…. Jadi harus membuat lagi dari awal.

Oh iya, kalau tidak ada sirih juga bisa. Misal untuk minuman penghangat yang tidak terlalu pedas.

 

 

4 Komentar

Filed under alfis, flu, kesehatan, Tanaman Obat & Herbal

Bawang Merah Bakar, Penangkal Pilek/Flu

Bawang Merah

Saat Alfis pulang ke Jakarta, Alfis terserang penyakit “meler”. Suaranya juga mulai bindeng. Pertanda mau kena flu. Pilek atau flu, penyakit biasa yang cukup mengganggu aktivitas. Dan bikin pusing saat lendir masih cair dan bening. Untuk mengobati si meler, bunda menyuapi tiga siung bawang merah bakar.

Bawang merah bakar ternyata efektif mencegah pilek/flu. Alfis langsung bersin mengeluarkan lendir yang mampet di hidung setelah makan bawang merah. Supaya alfis mau makan bawang merah bakar, setelah dibakar bawangnya dipotong-potong. Dan bawangnya dimakan bersama dengan nasi, telur, dan kecap.

Bunda juga sudah membuktikan, bawang merah bakar dapat menangkal flu/pilek di awal. Saat meler mau flu, bunda makan bawang merah bakar ini sekitar lima siung. Meski setelah itu ngantuk, tapi besoknya sudah tidak meler lagi.

Membakar bawang merahnya harus sebelum dikupas. Bawang merah langsung dibakar di atas kompor hingga terlihat agak matang, baru dikupas. Jangan dikupas dulu baru dibakar. Agar kulit ari di permukaan dalam tidak rusak.Bawang merah dibakar bertujuan untuk menghilangkan pestisida dan bakteri di luar permukaan kulit ari. Membakar bawang merah juga dapat menghasilkan cairan di dalam bawang yang baik untuk menangkal si pilek/flu.

Setelah ngintip di wikipedia, ternyata bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat dan asam folat. Selain itu juga mengandung kalsium, zat besi dan protein dengan kandungan yang tinggi.

Selamat Mencoba…

3 Komentar

Filed under flu, kesehatan

Sakit Flu

Dua hari ini Alfis sakit flu. Pilek. Baru kali ini Alfis mengalami pilek yang agak parah. Biasanya cuma meler aja dan ga sampai mengganggu aktivitas bermainnya.

Bukan demamnya yang membuat Bunda khawatir. Tapi hidungnya yang bumpet. Malam kemarin Alf sempet susah bernafas karena lendirnya sudah kental. Tidurnya terganggu, menyusu pun terganggu.

Sepertinya memang salah Bunda. Beberapa hari sebelumnya BUnda tidak melakukan pencegahan. Seperti membalurkan bawang merah di badannya setelah bepergian. Alf terlalu banyak kontak dengan orang banyak. Dan kena angin malam.

Besok tidak boleh terjadi lagi. Meskipun dia menolak tapi harus dilakukan pencegahan itu.

Rasanya ngga enak banget. Coz Bunda pun ikut-ikutan merasa sakit. Karena Alfis menularkan semua panasnya ke tubuh Bunda ketika tidur. Dan kalau Alfis sakit, tak berapa lama pun ayahnya juga ikut sakit. Seperti sekarang ini.

Kalau dua-duanya sakit, siapa lagi yang mau merawat selain Bunda? Pekerjaan rumah pun terbengkalai untuk sementara waktu. Dan memasak untuk Alfis pun jadi tertunda.

Kalau malam, Alfis butuh ekstra perhatian. Karena Alhamdulillaah menyusunya kuat. Sering sekali dia minta ASI. Meskipun makannya sedikit.

Alfis sayang… sembuh ya…
God please help me…

Tinggalkan komentar

Filed under alfis, flu, kesehatan

Ayah Impor Virus Vietkong

Serem amat yaa?? Sebetulnya sih karena waktu ke Vietnam, ayah agak ga terlalu fit. Ketika pulang ke Jakarta, ngedrop deh. Akhirnya kena flu, dan agak radang tenggorokannya.

Awalnya ayah ga mau ke dokter. Cukup istirahat aja katanya. Karena Bunda khawatir, maka Bunda bikinkan segala menu-menu yang hangat. Harapannya ayah cepet sembuh.

Mulai dari sop daging yang banyak bawang dan mericanya. Kacang ijo dan beras merah yang banyak jahenya. Lalu minuman teh rosela, jahe-temulawak, sampe susu sapi murni. Semua udah dikonsumsi. Tapi kok belum sembuh juga.

Mungkin karena ayah sering pulang malem. Kondisinya belum juga fit. Waktu tidurnya kurang. Dan kalau bangun tidur tidak bisa seger.

Setelah bersikeras ga mau ke dokter, akhirnya rabu kemarin ayah menyerah. Bersama Alf dan bunda, ayah pergi ke dokter Nasrin Kodim. Dokter ini udah jadi langganan Bunda sejak Bunda masih kecil.

Ayah rada ngga percaya dengan tarifnya. Dokter Nasrin Kodim hanya mematok Rp 50.000, sudah dengan obatnya. Tapi memang segitu. Padahal dokter anak yang nanganin Alf tarifnya 90 ribu.

Ada juga sih dokter deket rumah. Tarifnya 80 ribu. Belum obat. Tapi ayah udah pernah dan ga cocok. Memang sih, kalo ke Nasrin Kodim jauh. Naik angkot dua kali dari rumah. Tapi kalo cocok? Ya dijabanin.

Ada ga ya, selain dokter puskesmas, yang masang tarif seperti Nasrin Kodim? Dia buka praktek mandiri lho. Bukan di puskesmas…

1 Komentar

Filed under flu