Obat (dari) Dapur : Sereh

Sebelumnya aku pernah posting obat penangkal flu dari dapur, yakni bawang merah bakar. Terkadang bawang merah bakar tidak mempan untuk kasus tertantu. Seperti kemarin saat Alfis batuk dan flu, bundanya juga ketularan. Sepertinya virus flu yang menyerang ga cukup ditembak bawang merah. Tenggorokan udah berasa mau batuk dan badan udah mulai meriang.

Maka bunda membuat ramuan obat dari dapur, yakni Sereh. Sebut saja ini ramuan Sereh – Sirih untuk mengatasi rasa gatal di tenggorokan sebab dahak berasa menggantung.

Bahan membuat minuman Sereh penangkal Flu-Batuk

Bahan membuat minuman Sereh penangkal Flu-Batuk

Bahan:

Air
Sereh 5 batang
Sirih 5-7 lembar (aku menambahkan 10 lembar, supaya semriwing)
Bawang putih
Bawang merah
Daun bawang
Jinten hitam seujung sendok makan
Kayu manis
Gula merah

Cara Membuat:

1. Potong-potong: Daun bawang, bawang merah, bawang putih, sereh. Jangan lupa memarkan sereh.

Persiapan membuat  minuman Sereh.

Persiapan membuat minuman Sereh.

2. Masukkan semua bahan-bahan ke dalam panci. Kecuali gula merah.

sirih-sereh 2

3. Didihkan air dan bahan-bahan. Setelah mendidih, kecilkan api. Biarkan 10 menit hingga air berkurang sampa setengahnya. ( Dua gelas air  menjadi 1 gelas).

sirih-sereh 3

4. Sebelum dimatikan apinya, masukkan gula merah yang sudah disisir. Setelah gula merah larut, matikan api.

5. Minum selagi hangat.

Alhamdulillaah tidur jadi nyenyak setelah minum ramuan sereh ini. Dan tenggorokan pun berasa lega setelah dua malam minum ramuan ini.

Tips: Saat menunggu ramuan sedikit asat, harus ditunggu. atau menggunakan timer. Supaya tidak lupa mematikan kompor.

Aku sering lupa mematikan kompor, jadi kadang terlalu asat. Atau gosong. :p Hihihi…. Jadi harus membuat lagi dari awal.

Oh iya, kalau tidak ada sirih juga bisa. Misal untuk minuman penghangat yang tidak terlalu pedas.

 

 

4 Komentar

Filed under alfis, flu, kesehatan, Tanaman Obat & Herbal

4 responses to “Obat (dari) Dapur : Sereh

  1. mbake ijin copas ya……
    disimpan siapa tahu suatu saat butuh untuk dipraktekkan
    makasih telah berbagi

  2. bun, ingat bawang merahnya yg menginspirasi aku nulis bawang merah juga….
    kalau ramuan sereh ini baru tau lho. cuma ada bawang putih itu yg buat agak gimana gituuu
    kalau nggak pake bawang putih efeknya beda ya?

    • Hehehe iya mba. Memang jadi agak getir-getir gimana gitu. Asalkan serehnya dibanyakin, tetep seger sih kalo menurut saya. Efeknya mungkin beda satu sama lain. Sebab tubuh kita kan ga sama mba. Sebenernya ga pake bawang putih juga bisa. Tapi mungkin untuk flu atau batuk yang ringan.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s