Belajar Sayuran (Organik) di Kebun Agatho

Horeee kemarin eyang Yinnah ajak Bunda dan Alfis jalan-jalan naik mobil. Eyang dan teman-temannya mau kunjungan ke Puncak, Bogor. Mereka mau melihat sekaligus belajar tentang tanam sayur organik di kebun organik Agatho. Karena yang ikut ga banyak, Bunda dan Alfis bisa ikut jalan-jalan.

Sedikit info, eyang Yinnah udah lama menekuni pertanian organik sejak pindah ke Merden. Spesialisasi eyang, padi organik. Makanya Alfis InsyaAllah selalu dikirim beras organik tiap bulan. Senangnyaa. Sekarang eyang sedang berencana menanam sayuran organik di seputar rumah. Bunda juga mau belajar. Supaya punya kebun sayur sendiri di rumah. Aamiin.

Waktu naik mobil, kata Alfis “AC-nya dinyalain Bunda supaya dingiiiin seperti di kereta Gajah Wong”. Hehe ketahuan banget anak kampung yak. Kampung Bekasi. :p Tapi keriuhan Alfis di mobil hanya sebentar. Begitu masuk tol mau menuju Bogor, dia tidur sepanjang jalan. Sampai di tujuan baru bangun.

Ini dia penampakan kebun organik Agatho dari atas. Topografi kebunnya naik-turun.

kebun organik Agatho tampak dari atas

Bunda ambil gambarnya dari gerbang depan. Yakni di front office atau lebih tepat kios, yang digunakan untuk menjual sayuran dan bibit. Sayangnya saat kita datang, kiosnya tutup. Tapi beruntung ada penjaganya. Banyak pegawai yang libur katanya, makanya kios depan tutup.

Sebelum memulai kunjungan/tour ke kebun, kita harus izin dulu ke kantor yayasan. Kantornya beda letak dengan kebunnya. Agak naik ke atas lagi. Setelah izin, kita didampingi seorang pemandu menuju kebun.

Tempat pertama yang dikunjungi ada di bawah, yakni bangunan yang diperuntukan sebagai tempat pelatihan dan tempat memilah sayuran organik yang akan dikirim ke berbagai tempat. Bangunan ini juga digunakan untuk bertanam sayuran. Jadi pengen punya kebun sayur juga di atas atap begituuu…

Atap bangunan digunakan sebagai kebun sayur

Kebun Sayur di samping gedung

Perkebunan organik ini ada di Cisarua sejak 1983. Pemrakarsanya adalah Peter Agatho, pria berkebangsaan Swiss. Saat ini si Mr Agatho sudah tidak di Indonesia lagi katanya. Perkebunan organik ini dikelola oleh Yayasan Bina Sarana Bakti. Namun masih dibawah binaan Mr Agatho.

Kata eyang Yinnah yang udah pernah kesini, kebun-kebunnya terlihat tidak terawat seperti waktu pertama kali eyang ke tempat tersebut. Kata pemandunya, karena musim kemarau jadi ada beberapa sayuran yang memang belum ditanami.

Lama sekali Alfis dan bunda tidak rekreasi outbound begini. Ayah masih sibuk dengan urusan kantor. Jadi paling banter kita jalan-jalan ke Mall (lagi). Alfis banyak bertanya ke bunda selama jalan-jalan di kebun.

“Bunda, itu bebek ya?”

Agak siang sedikit, Alfis mulai misuh-misuh alias menggerutu. Mungkin karena udah cape dan lapar. Akhirnya di tengah kebun di dekat rumah kompos, Alfis buka bekal.

Bismillaaah

Setelah makan, kita turun ‘gunung’ kembali ke gedung. Setelah itu bunda dan eyang pilih-pilih sayuran dan wortel untuk dibeli. Lalu kita kembali ke kios di atas, beli bibit sayuran. Karena di tempat ini ga ada restorannya, jadi kita makan bakso di depan. Ga pake rencana siih. Mungkin kalau udah konfirmasi sebelumnya bisa dikasih makan kali ya?? Bagusnya Alfis bawa bekal dari rumah.

Terakhir, Alfis beli sayuran untuk oleh-oleh ayah di rumah…😀

Wortel Organik

Terima kasih Eyaang… udah ajak Alfis jalan-jalan…
Oh iya, kemarin hari Senin tgl  17 September, Alfis ulang tahun ke-4. Anggap aja jalan-jalan Minggu kemarin merayakan ultah Alfis yaa…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

3 Komentar

Filed under alfis, Belajar dan Bermain, Liburan

3 responses to “Belajar Sayuran (Organik) di Kebun Agatho

  1. sayurnya cantik segar ya…
    jadi pengen juga jalan ke sana..

  2. Alfis selamat ulang tahun ya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s