Golongan Darah O dan A menikah, anaknya AB. Mungkinkah?

Diagram struktur molekul sistem antigen ABO(H) (sumber:wikipedia)

Disclaimer: Tulisan ini hanya pendapat pribadi, bukan tulisan ilmiah. Tidak dapat dijadikan rujukan dan jika ada kasus sejenis konsultasikan pada dokter ahli. 

Pernahkah menemui kasus seorang bapak golongan darahnya O dan seorang ibu golongan A. Saat anak mereka lahir, golongan darahnya AB. Sudah tiga kali cek golongan darah, hasilnya tetap sama.

Jangan suuzon dulu ya… Jika ditilik dari sistem ABO biasa, seharusnya probabilitas atau kemungkinan anaknya memiliki golongan darah A atau O.

AA + OO = AO, AO                                       AO + OO = AO, OO

Banyak kenalan yang dan teman yang ternyata kasusnya demikian.  Ada teman yang ibunya golongan darah O, bapaknya B. Dia dan kakaknya golongan darahnya AB. Tentu saja saya penasaran. Akhirnya saya cari-cari jawabannya di wikipedia.

Di situs tersebut saya menemukan ada yang namanya golongan darah langka. Ada beberapa golongan darah langka. Salah satunya adalah tipe golongan darah Bombay. Seperti nama kota ya? Ini karena tipe golongan darah ini pertama kali ditemukan di Bombay (Mumbai), India tahun 1952.

Golongan darah Bombay ini kalau dites menggunakan sistem ABO biasa, munculnya golongan darah O. Golongan darah bombay tidak mengekspresikan antigen H. Gen si golongan darah Bombay ini adalah hh. Karena mereka tidak mengekspresikan antigen H, maka mereka juga tidak menghasilkan antigen A dan antigen B. Karena si antigen H ini bertindak sebagai pemimpin sekaligus bahan baku untuk menghasilkan antigen A dan Antigen B.

Mereka yang memiliki tipe Bombay ini dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan sistem golongan darah ABO biasa. Tapi mereka tidak dapat menerima darah dari golongan sistem ABO. Maka tipe Bombay ini baiknya mendonorkan darahnya, agar berguna bagi dirinya kelak dan orang-orang yang golongan darahnya sama.

Begini analisis ala bundalf (lagi-lagi ini bukan analisis ilmiah yaa, hanya pendapat pribadi)

AO HH + BO hh = AO Hh, AB Hh, OO Hh, BO Hh

Lingkaran hijau: Bombay Fenotip, Kotak biru: Sistem ABO biasa, Kotak merah: keturunan ketiga

Asumsi:
1. AO HH : gen ibu
2. BO hh : gen bapak. BO karena nenek memiliki golongan darah B. Karena itu saya berasumsi bapak punya alel gen B, tapi tidak terekpresi karena antigen H -nya resesif. Maka dari itu kalo dites golongan darahnya O

Analisis tersebut memungkinkan anaknya nanti bisa memiliki golongan darah A, B, AB, dan O. Dan jika si ibu punya gen h heterozigot (Hh), anaknya nanti kemungkinan ada juga yang golongan darahnya tipe Bombay.

Hmm kira-kira penjelasannya ribet ga ya? Sebetulnya tulisan ini sebagai pembunuh rasa penasaran aja. Dan semoga saja bisa menjadi penjelasan bagi beberapa orang tua atau para anak yang mungkin mengalami hal yang sama.

Intinya, semua itu adalah kehendak Allah SWT. Ada banyak ilmu di alam yang belum diketahui manusia. Begitu pula ilmu kedokteran akan terus berkembang seiring bertambah canggihnya teknologi.

Sistem golongan darah ABO kini bisa jadi digunakan untuk kebutuhan mengetahui atau menentukan golongan darah secara umum. Namun untuk keturunan bisa diketahui secara spesifik lewat identifikasi DNA dan fenotip yang mirip antara orangtua dan anak. (Seperti misalnya bentuk rambut, wajah, mata, hidung, dsb).  Tidak hanya lewat sistem golongan darah ABO.

Yang penting jangan berprasangka buruk dulu yaaa. Untuk informasi lebih lanjut coba tanya ke dokter spesialis atau dokter ahli. Lalu, fokus pada mendidik anak dan membahagiakan orangtua. :)

47 Komentar

Filed under Belajar dan Bermain, cerita keluarga

47 responses to “Golongan Darah O dan A menikah, anaknya AB. Mungkinkah?

  1. Kl cuma dilihat dr sistim AB0 Landsteiner itu memang tak mungkin, tp sekarang dgn ilmu makin maju sudah banyak ditemui variasi dr masing2 jenis gol darah. Thanks infonya mbak.

  2. Yang penting tidak melakukan hal yang dilarang Allah , golongan darah apapun tidak masalah ya

  3. Alhamdulillah,
    Saya dapat ilmu baru melalui tulisan ini
    makasih banyak ya…

    salam kreatif
    dan
    selamat terus berkarya

  4. Assalamu ‘alaikum
    nice artikel..
    oia, ada sesuatu yang mau kuberikan buat ukhti..kalau berkenan datang yaa.. :-)
    http://sayyidahqurani.wordpress.com/2011/06/23/award-mendekatkan-yang-jauh-mengenalkan-yang-belum-kenal/

  5. Ah, pagi ini saya dapet ilmu baru…makasih ya, kalau tidak baca tulisan ini mungkin saya juga akan berprasangka macam-macam… ;)
    Memang Allah Maha Besar, ilmu-Nya juga luas tak terbatas.

  6. Bener-bener ilmu baru buat saya. Terimakasih infonya

  7. Em… Bacanya kudu berulang-ulang kali nih Mba. Apalagi untuk saya yang logikanya nggak terlalu tinggi. Kekekek… Tapi, thanks buat tulisannya. Nambah wawasan abis. Dan mengurangi kita sebagai manusia untuk berfikir negatif dan melihat sesuatu lebih positif dan kritis.

  8. Sore, nah ini ilmu baru yang menjawab banyak masalah yang mungkin muncul. Bisa bertengkar tuh kalau ngga ada penjelasannya…

  9. oh gtu ya mbak,, :D
    salam kenal yaa

  10. Tjantrik

    Para calon ayah perlu baca ini,,, supaya tidak curiga istri tercinta dapat “saham” dari luar… :-)…
    Para calon Ibu juga,,, biar tidak deg2-an dicurigai suami…
    Terima kasih atas ilmunya, Mbak…

  11. v3

    Test DNA aja…kalo ada keraguan, apakah itu karena mutasi gen atau teori bombay itu. Dengan test DNA pasti ada kejelasan.

  12. karzuli

    saya punya masakah darah anak saya Ao….apa ya maksudnya malah seperti A pangkat o…bingung

  13. karzuli

    ada yg bisa kasih penjlasan gak ya.

  14. curly

    It happens to me. Golongan darah saya A suami O. Anak kami 3 org. Anak I gol darahnya O (persalinan normal), kedua AB (caesar), ketiga A (persalinan normal).
    Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat.

  15. ooooh gitu yaa.. baru tau info tersebut. Terimakasih koreksinya. Di Artikel ini saya lagi mencari penjelasan yg ilmiah. Bahwa keturunan itu ga dilihat dari golongan darahnya aja. tapi dari kode genetik. dari DNA. Maksud saya, jangan terpaku pada golongan darahnya saja. Tapi lihat pada sifat-sifat nya, raut wajahnya, dll.

  16. Terima kasih infonya….beruntung akang ada seseorang yang memberi link kesini.

  17. mutia

    itu terjadi pada saya. saya O, suami B. Anak pertama A dan anak kedua B. ayah saya A dan ibu saya O. Kakak saya ada yang B. dari bacaan diatas, kemungkinan saya gol darah bombay juga.

  18. efer

    Terima kasih bunda atas penjelasannya,bener menjawab masalah saya,,

  19. fazriakmar

    ini terjadi juga pada isteri saya,baru disadari setelah hampir 39 tahun kami menikah,ceritanya Ibu mertua gol darah B bapak mertua gol darah A,aneh
    nya anaknya gol darah 0+ sampai dengan saat ini saya belum menemukan jawabannya

    • maya

      Gol. darah B menikah dengan A kemungkinan anaknya bergolongan darah AB, A, B, dan O ada, jadi itu bukan termasuk kasus golongan darah bombay seperti pada artikel ini. rumusnya AO x BO hasilnya AB, AO, BO, OO. Semoga menbantu..

  20. maya

    Dear bunda if, Ayah bergolongan darah AB menikah dengan ibu bergolongan darah O, menghasilkan keturunan bergolongan darah O, apakah kasus ini termasuk gol. darah bombay?

  21. oh ternyata hasilnya juga bisa beda sama mama dan papa saya qra jika ortu nya keduanya o anaknya juga o dan sebaliknya trimakasi atas pengetahuannya!!!!!!

  22. tommy

    bu, bagaimana kalo saya pria golongan darah A dan calon istri saya dengan golongan darah O, apakah ada kendala jika kami menikah. terima kasih… bagaimana anak kami nanti…?

  23. thanks infonya ini terjadi pada saya ayah a ibu o saya ab

  24. Jika Golongan Darah ayah dan ibu adalah O menghasilkan Golongan Darah A, sedangkan Saudara – saudaranya bergolongan darah O juga tetapi cuman satu yang bergolongan darah A. Jadi apakah penyebabnya ?

  25. By The Way…. Thanks infonya
    dan reply ya

  26. trima kasih untuk ilmunya….
    salam kenal

  27. beben

    Bunda Alf..terima kasih atas sharing ilmunya..semoga menjadi amal ibadah…bunda..saya ada pertanyaan nih (titipan temen)..kalau ibunya O dan ayahnya A dan orang tua dari ayahnya AB & A, dr ibunya tidak tahu, dan menghasilkan anak B…brp % kemungkinan itu ada? terima kasih atas jawabannya

    • Intinya, manusia itu memiliki sistem genetik yang kompleks. Karena itu, sistem genetik berdasarkan golongan darah itu adalah sebagian keciiil dari genetik manusia yang banyak. Masih ada gen lain yang bisa terlihat seperti bentuk hidung, rambut, alis, dsb.. yang mirip dengan bapak-ibunya. Jangan berpatokan pada golongan darah saja. Yang penting, Percaya sama Yang Maha Kuasa.

  28. Muhamnmad

    Sampai srng msh tanda tanya buat ku apakah bisa aku ayah yg bergolongan darah AB dan istri ku golongan darah nya A sedangkan anaku ku golongan darah nya B,apakah bisa ya?….

  29. Andi Budiyono

    bagaimana kalau Ayahnya darah O dan Ibu darah B anaknya AB, mohon analisisnya.. Terimakasih..

  30. andola

    A ketemu A,,,apakah bisa menjadi AB atau O???kasi penjelasan donk,,,

  31. rina

    bunda alf,tlg bantu saya,perkawinan dgn gol darah A dan O bisakah menghasilkan gol darah B ? mohon jawabanya
    trimakasih

  32. kalo bpknya O dan ibunya A maka anaknya gol darah apa? mohon jawabannya..
    terimakasih.

  33. abrar

    bismillah mhn bantuannya sangat dibutuhkan Bagi yg mengetahui komunitas/punya golongan darah bombay/para bombay, mohon bisa menginfokan ke kami (085725597380) atau ke RS Hermina Jatinegara.

  34. Ne ad yg memerlukn transfusi a+bombay (bayi Bu Rini lahir 15 Des 2013) mgkin bisa mmbntu mncarikn info. Alhdllah lo dpt pndonor,,, info kontak Taufik Wirahman +6287823467835
    Terimakasih

  35. SINTA

    GIMANA CARANYA KITA TAU KL GOLONGAN DARAH KITA TERMASUK YG PARA BOMBAY? SEMENTARA KL KITA CEK GOLONGAN DARAH KAN YG DIKASIH TAU HANYA GOLONGAN ABO NYA PLUS RHESUSNYA AJA

  36. Kakmoly

    Kalau kedua-nya O mungkin kah anaknya A, Bunda?
    Mohon penjelasan Bunda :-)

  37. aprizal

    Saya dan istri O,anak pertama O anak yang kedua AB…bisakah….?

  38. masrah liong

    Misalnya: ayah golongan darah A, ibu golongan darah O kemudian menghasilkan anak golongan darah B? Kebanyakan orang menyatakan tidak mungkin bisa ini terjadi.

  39. Ninik

    golongan darah saya O , suami saya O, tapi kok anak kami golongan darahnya B? kemarin petugas lab sampai gak percaya, darah anak saya di test lagi, tetep B saya di test lagi tetep O, mereka bilang seharusnya gak mungkin klau ayah – ibu O anak seharusnya O, tidak mungkin B
    anak saya lahir lewat cesar, dan saya serta suami yakin kalau waktu saya melahirkan tidak tertukar bayi saya, karena sewaktu saya masih sadar di lihatkan wajah anak saya dan waktu saya sudah pulih di kasihkan bayi saya wajahnya juga tetep sama,tidak berubah.

    • yang penting bapak dan ibu yakin dan percaya. Fokus saja pada anak agar tumbuh sehat dan kalau masih penasaran bisa konsultasi ke dokter anak. karena manusia sangat kompleks DNA nya. ga hanya pada sistem golongan darah ABO saja.

    • desi

      Sama bu, saya br saja mengalami hal itu. Saya gol darah ab, suami a. Anak pertama kami gol a, anak kedua kami o.
      Dokter anak jg g bs menjelaskn.
      Saya dan suami ttp yakin itu anak kami, mgkn Tuhan pny renc dibalik semua ini.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s