“Pulang rumah panjang!”

Ini dia salah satu sebab bunda lama ngga nge-blog, FB, dan bersentuhan dengan dunia internet. Pulang ke Rumah Panjang. Alias liburan ke kampung eyang, Banjarnegara.

Alfis sedang berlari di depan rumah panjang

Rumah panjang, gitu kata Alfis saat menyebut rumah eyangnya. Rumah eyang modelnya joglo. Tapi jangan berpikir seperti joglo yang ada di keraton yaaa.

Biasanya Alfis ngikut kasih makan kambing di pagi hari. Setelah itu makan pagi sambil bermain di musola depan rumah. Kalau sudah puas main di musola, alfis mandi pagi. Sudah itu kalau ada tukang bubur sumsum lewat, alfis makan lagi.

Naaah agak siangan sedikit, Alfis biasanya main bersama Bita. Bita adalah saudara sepupu Alfis. Sepupu jauuuh. Bita masih berumur empat tahun. Siang hari, saat anak sekolah sudah pada pulang, dateng deh bala kurawa yang lain. Putri dan Ruli.

Saat main, alfis biasa ngemil makanan atau minum teh yang ada di musola. Sebab hampir setiap hari eyang selalu menyediakan makanan kecil dan teh untuk pekerja. Para penggarap sawah dan tukang arit rumput.

Hampir setiap saat Alfis biasa ngemil dan ga lupa makan tiga kali sehari. Karena banyak teman, Alfis nafsu makannya pun bertambah. Aktivitas juga semakin banyak. Dan kreativitas secara ngga langsung juga makin bertambah.

Ada saja jenis permainan yang dikarang alfis dan bala kurawanya. Ada beragam daun bisa dimainkan. Plastik bisa jadi bola. Meja mengaji disulap jadi sirkuit, perosotan kecil, atau jadi bis. Karpet atau tikar untuk ngaji disulap jadi karpet berjalan.

Masih banyak lagi ternyata daya imajinasi anak-anak itu. Rasanya kalau di Jakarta, Alfis tidak akan menemukan permainan serupa. Semoga saja daya kreasinya bisa berkembang di Jakarta.

Berlibur selalu terasa menyenangkan. Apalagi di rumah eyang yang masih banyak pohon, kebun, dan sawah. Rumah berasa adem dan seger. Ga seperti di Jakarta yang sumpek, panas, penuh polusi. Rasanya dua bulan masih kurang panjang berlibur di rumah panjang. Hehehehe.

4 Komentar

Filed under alfis, cerita keluarga

4 responses to ““Pulang rumah panjang!”

  1. asyinya habis mudik ya, pasti senang2

  2. Alfis betah ya main di rumah eyang..
    adem banget rumah dan lingkungannya ya

  3. Aduuuh, itu kan tempat eyangnya suami mbak…mereka juga dari Banjarnegara, di Pos Purwonegoro tepatnya…hehe, jangan-jangan kita bisa ketemu disana suatu hari nanti😉

    • oh yaaa?? mbak, rumah ibuku juga masuk kecamatan Purwonegoro lho…Kalo di Pasar Purwonwgoro, ada rumah budeku disitu, deket Vandama. Semoga bisa ketemu suatu saat ya, hehehe ternyata dunia ini sempit… apalagi via blog😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s