Jajanan yang Mengandung Anti-kanker

Cincau Hijau (wikipedia)

Semua pasti tahu minuman cincau kan? Jajanan yang berwarna hijau seperti jeli/agar diberi sirup, santan, dan es. Sayangnya saat ini bunda susah sekali menemukan jajanan yang satu ini. Entah karena memang di daerah ini tak ada cincau, atau bunda yang tidak pernah beruntung.

Sempat mencari si penjaja cincau di sekolah-sekolah dekat rumah, lapangan, masjid, musola, tapi tidak ada. Bahkan di pasar pun bunda tak menemukan si cincau hijau. Kalaupun ada pasti cincau hitam. Tidak ada cincau hijau (Cyclea barbata). Padahal dulu jaman masih sekolah gampang banget ketemu tukang cincau.

Apakah penjaja cincau memang sudah langka? Padahal si cincau hijau ini berkhasiat lho. Cincau hijau jika dikonsumsi hanya dengan larutan gula merah, berkhasiat melancarkan pencernaan, dapat mengurangi perih akibat maag, serta mengandung klorofil yang baik bagi stamina kita.

Klorofil diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh sebab struktur kimianya mirip dengan struktur kimia hemoglobin. Yakni molekul organik yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Bunda baca di link ini, khasiat si klorofil ternyata banyak banget. Diantaranya; berfungsi membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan, membantu menetralkan polusi atau racun yang kita hirup maupun yang kita dapatkan melalui asupan makanan, dan secara efisien melepaskan magnesium dan membantu darah membawa oksigen yang dibutuhkan ke semua sel di jaringan-jaringan tubuh.

Struktur kimia hemoglobin dan klorofil

Tidak hanya si klorofil, zat-zat lain yang terkandung dalam segelas cincau hijau juga berkhasiat. Menurut abstrak di lipi, cincau mengandung alkaloid, saponin, flavonoid, klorofil, dan karotenoid.  Di situ juga disebutkan cincau mengandung senyawa antikanker.  Dan cincau juga dapat mengendalikan hipertensi. Di sini bunda bacanya.

Jadi pengen deh punya tanaman cincau sendiri. Supaya bisa membuat sendiri cincau hijau. Kalau membuat sendiri, jadi lebih yakin dengan kebersihannya. Kalau di rumah eyang, tanaman cincau bisa ditemukan di kebun tetangga. Jadi bisa buat sendiri cincau hijau.

Kapan-kapan hunting bibit cincau hijau ah…

PS: kalau ada tukang jajanan cincau, pesennya ga pake santan. Cukup gula jawa saja. Minumnya pake Bismillaah. InsyaAllah racun-racun dari makanan dan lingkungan bisa dinetralkan oleh si cincau ini.

13 Komentar

Filed under kesehatan, Tanaman Obat & Herbal

13 responses to “Jajanan yang Mengandung Anti-kanker

  1. tiap hari lewat penjual cincau dengan gula merah disni, hmmm segerrr

  2. es cincau paling enak buatan ibuku…hehehehe

  3. sayyidahali

    Assalamu alaikum..
    Disini agak susah sih,tp kalau dicari insya Allah.
    Info yg sangat bermanfaat..terimakasih..
    Salam

  4. Baru tahu manfaatnya sekarang. Dl sering bikin sendiri, so tumbuhan merambat ini tumbuh liar dikampungku. Trims artikelnya ….

  5. Di rumah ibu saya di Surabaya juga ada tanaman ini, mbak…ternyata manfaatnya luar biasa ya!🙂

  6. Bundaaaaaa…
    kemana ajaaaaaa????

    Iya siiiih, aku sempet denger juga kalo cingcau itu pencegah kanker…
    Tapi rada ngeri juga kalo beli cingcaunya di abang2 yang lewat depan rumah ituh…soalnya dulu pernah nonton siaran investigasi gitu di tv yang menayangkan tukang cingcau yang warna hijau nya dikasih zat pewarna gituh…parno bow…

    mending beli di supermarket ajah…dan suruh abah yang masak..hihihi…*kok abah?*

  7. Salam bunda, pertama menjejakkan langkah disini, semoga terjalin silahturahim..
    thanks for sharing bun..tapi soal cincau ini aku takut ada yang palsu…bikinnya pake zat zat kimia gitu..malah di trans tv pernah liat bikin cincau dikasi baby powder biar kenyal.haduh….

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Dewi…

    memang bener mbak, cincau hijau memang sukar dicari, kalau cincau hitam sangat banyak di pasaran.
    Saya suka makan cincau mbak terutama dalam ABC (air batu campur). Rasa cincau memberi kelainan, tidak sama dengan jelly.

    Semoga bisa mencarinya mbak untuk manfaat kesihatan.
    Trims ya untuk informasi yang berguna.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

  9. wah,, cincau mah tiap hari lewat depan rumahku Bund,, mau dipesenin gak ? 😀

  10. Prabowo

    Yang butuh bibit tanaman cincao bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 @Trims Prabowo JOgja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s