Bawang Merah Bakar, Penangkal Pilek/Flu

Bawang Merah

Saat Alfis pulang ke Jakarta, Alfis terserang penyakit “meler”. Suaranya juga mulai bindeng. Pertanda mau kena flu. Pilek atau flu, penyakit biasa yang cukup mengganggu aktivitas. Dan bikin pusing saat lendir masih cair dan bening. Untuk mengobati si meler, bunda menyuapi tiga siung bawang merah bakar.

Bawang merah bakar ternyata efektif mencegah pilek/flu. Alfis langsung bersin mengeluarkan lendir yang mampet di hidung setelah makan bawang merah. Supaya alfis mau makan bawang merah bakar, setelah dibakar bawangnya dipotong-potong. Dan bawangnya dimakan bersama dengan nasi, telur, dan kecap.

Bunda juga sudah membuktikan, bawang merah bakar dapat menangkal flu/pilek di awal. Saat meler mau flu, bunda makan bawang merah bakar ini sekitar lima siung. Meski setelah itu ngantuk, tapi besoknya sudah tidak meler lagi.

Membakar bawang merahnya harus sebelum dikupas. Bawang merah langsung dibakar di atas kompor hingga terlihat agak matang, baru dikupas. Jangan dikupas dulu baru dibakar. Agar kulit ari di permukaan dalam tidak rusak.Bawang merah dibakar bertujuan untuk menghilangkan pestisida dan bakteri di luar permukaan kulit ari. Membakar bawang merah juga dapat menghasilkan cairan di dalam bawang yang baik untuk menangkal si pilek/flu.

Setelah ngintip di wikipedia, ternyata bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat dan asam folat. Selain itu juga mengandung kalsium, zat besi dan protein dengan kandungan yang tinggi.

Selamat Mencoba…

3 Komentar

Filed under flu, kesehatan

3 responses to “Bawang Merah Bakar, Penangkal Pilek/Flu

  1. bunda, bawang merah banyak khasiat obatnya juga ya
    ingat waktu kecil juga mamaku sering memakai untuk menurunkan demam,
    thanks bun, saya jadi ada ide untuk menulis he…he…

  2. Ping-balik: Bawang Merah Bisa Jadi Obat « Kisahku

  3. obat alami ya lebih aman dibandingkan dengan obat kimia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s