Kipas dan Buku, Pengantar Tidur

Dua jenis barang yang WAJIB ada sebelum menidurkan Alfis, kipas dan buku. Kalau dua ini belum ada, Alfis masih akan ber-koprol ria dan masih bermain dengan mobil-mobilan, pesawat-pesawatan, dan masih hilir mudik dapur ngambil minum atau nyamil kacang.

Pertama, kipasnya adalah kipas keramat. Bawaan dari Kebumen. Kalau bukan kipas ini, Alfis tidurnya lama.

Kipas keramat Alfis, kalau bukan kipas ini, serasa ga dikipas

Kedua, buku pengantar tidur. Judulnya bisa apa saja. Yang penting dia yang memilih bukunya. Lama-lama dia bisa tertidur sambil memeluk bukunya.

Alfis tertidur dengan salah satu bukunya

Barang/aktivitas  lain yang biasanya mesti ada sebelum tidur antara lain;

  • bedak dan minyak telon, kalau mengeluh digigit nyamuk atau gatal.
  • elus-elus perut atau punggung nya
  • Alfis biasanya minta elus-elus tangan bunda yang ada “tombol”nya
  • jam SpongeBob. Sambil bilang : “Alfis, jam sponge bob sudah jam sembilan. Waktunya tidur. Sponge bob juga sudah tidur.” (biasanya sih jam delapan lewat juga dibilang jam sembilan)

Akhirnya, Alfis akan benar-benar terlelap setelah berguling ke seluruh area tempat tidur. Butuh sekitar lima belas menit minimal dan maksimal satu jam untuk menidurkan Alfis.

Berikut waktu tidur bayi, balita, dan anak-anak diambil dari sini.

Kebutuhan tidur untuk Usia 0-2 bulan
Jumlah tidur yang dibutuhkan : 10,5 – 18 jam / hari
Sifat tidur
* Pola tidur yang tidak teratur (hingga usia 6-8 minggu) yang berhubungan dengan rasa lapar
* Periode tidur yang multipel pada siang dan malam hari
* Tidurnya bersifat aktif : tersenyum, menghisap, pergerakan badan
Hal-hal penting yang berhubungan dengan kemampuan tidur
* Tidur dengan punggungnya untuk mencegah SIDS
* Fasilitas tidur malam
* Buatlah lingkungan tidur yang positif dan aman
* Kenalilah tanda-tanda saat bayi mengantuk
Tips untuk neonatus :
1. Perhatikan pola tidur bayi dan kenali tanda-tanda bila bayi mengantuk
2. Letakkan bayi di tempat tidurnya saat mengantuk, bukan pada saat dia tertidur
3. Tidurkan bayi dengan punggung terletak di tempat tidur (terlentang), wajah dan kepala bebas dari selimut atau barang-barang halus lainnya
4. Tempat tidur harus sudah teruji keamanannya
5. Ruang tidur yang hening dan gelap dengan temperatur yang nyaman
6. Doronglah untuk tidur malam

Kebutuhan tidur untuk Usia 2-12 bulan
Jumlah tidur yang dibutuhkan : 14-15 jam/hari
Sifat tidur:
* Jumlah tidur malam bertambah
* Pola tidur mulai terlihat
* Tidur siang yang awalnya berjumlah 3-4 kali berubah menjadi 1-2 kali di akhir tahun pertama
Hal-hal penting yang berhubungan dengan kemampuan tidur :
* Ciptakan jadwal tidur yang teratur secara rutin
* Belajar untuk menenangkan diri sendiri
Tips untuk bayi :
1. Ciptakan jadwal tidur harian bayi secara rutin
2. Ciptakan rutinitas tidur yang konsisten, namun menyenangkan
3. Tetapkan lingkungan tidur bersahabat
4. Doronglah bayi Anda untuk tertidur secara mandiri dan dapat menerangkan diri sendiri

Kebutuhan Tidur untuk Usia 1-3 tahun
Jumlah tidur yang dibutuhkan : 12-14 jam (Tidur siang 1,5 – 3,5 jam) / harinya

Sifat tidur:
* Tidur di pagi hari semakin berkurang pada usia + 18 bulan
* Kebanyakan dapat tidur sepanjang malam dengan jadwal tidur yang teratur
Hal-hal penting yang berhubungan dengan kemampuan tidur :
* Lanjutkan rutinitas waktu tidur
* Tetapkan waktu
* Doronglah anak untuk berani tidak sendiri
* Transisi dari tidur di tempat tidur bayi ke tempat tidur biasa
Tips untuk anak :
1. Pertahankan jadwal tidur harian dan konsisten dengan rutinitas waktu tidur
2. Lingkungan ruang tidur harus sama setiap malam dan sepanjang malam
3. Tetapkan waktu
4. Gunakan objek-objek atau benda yang dapat memberi kenyamanan (misalnya boneka, mainan)

Kebutuhan tidur untuk Usia 3-5 tahun
Jumlah tidur yang dibutuhkan : 11-13 jam / hari
Sifat tidur:
* Tidur siang biasanya tidak ditemukan lagi pada akhir tahun kelima
* Mungkin dapat timbul ketakutan di malam hari
Hal-hal penting yang berhubungan dengan kemampuan tidur:
* Konsisten terhadap waktu bangun dan tidur serta rutinitas saat tidur
Tips untuk anak usia prasekolah:
1. Pertahankan suatu jadwal tidur yang teratur dan konsisten
2. Lanjutkan rutinitas waktu tidur setiap malam
3. Anak harus berbeda di dalam lingkungan tidur setiap malam.  Ruangan tersebut harus sejuk, hening dan gelap, tanpa televisi.
4. Perhatikan adanya kesulitan bernapas, terjaga di malam hari, masalah tidur kronis, dan masalah perilaku

Kebutuhan tidur untuk Usia 5-12 tahun
Jumlah tidur yang dibutuhkan : 10-11 jam/ hari
Sifat tidur :
* Semakin meningkatnya kegiatan anak dapat mengakibatkan berkurangnya tidur
* Pengaruh televisi, komputer, kafein, dan keadaan medis dapat mengganggu tidur
Hal-hal penting yang berhubungan dengan kemampuan tidur :
* Tetapkan kebiasaan tidur dan kesehatan
* Waspadai adanya masalah tidur yang persisten dan keadaan mengantuk di siang hari
Tips untuk anak usia sekolah :
1. Perkenalkan kebiasaan tidur yang sehat, pencegahan penyakit dan promosi kesehatan
2. Lanjutkan penekanan perlunya jadwal tidur yang teratur dan konsisten
3. Ruang tidur anak haruslah menunjang tidurnya : sejuk, hening dan gelap, tanpa televisi dan komputer
4. Tetapkan waktu, hindari kafein
5. Perhatikan adanya kesulitan tidur kronis, mendengkur yang keras, kesulitan bernapas, terjaga di malam hari, dan seringnya mengantuk di pagi hari.

Selamat tidur… (posting-an malam hari)

10 Komentar

Filed under alfis, tumbuh kembang

10 responses to “Kipas dan Buku, Pengantar Tidur

  1. Ah, ada-ada aja ya kebiasaan unik anak-anak kalo mau tidur…
    Anak saya, sampai kelas 1 SMP selalu memegang telinga saya kalo mau tidur. Katanya enak, karena kulitnya lembut dan dingin😀
    Salam sayang buat Alfis, selamat bobo ya, Nak!

  2. kebutuhan tidur untuk bayi penting untuk otaknya ya bun

  3. semakin besar, tidur siangnya semakin berkurang ya Mbak…

    hehehee, ketiduran sambil bawa buku cerita, pasti mimpinya soal cerita di buku itu deh

  4. Lengakap dech….referensinya…hehehe
    kalau yang buat usia 20an tahun kok gak ada kebutuhan tidunya berapa jam..kan juga anak-anak..anaknya Bunda, heheheh

    Calon professor nie si Alfis…mau bubuk aja ngelonin buku…kalau tante Hani ngelonin HP atau laptop😆
    gara-gara mikirin kerjaan nggak kelar2…

  5. wah ada kipas keramat seggala yah. Infonya benar2 bermanffaat bun

  6. Hahaha saya dulu juga punya kipas serupa, kalau saya bilang kias sate hehehe manteps ya bun buat ngipasin. Cuman skr kipasnya udh rusak, blm beli lagi deh. Damainya Alf tidur sambil peluk bukunya🙂

  7. wah beda2 ya pengantar tidurnya, kalo shishil musti sambil nenen bun baru deh merem, kalo ngga sambil nenen, jangan harap bakal tidur deh, yang ada guling2an dikasur or berantakin lemari, huwaaa jadi nambah kerjaan aja deh…

  8. @ mba lidya: siip… semoga saja bermanfaat untuk kesehatannya amiin

    @tante elsa : hehehe kadang dia mengigau kala bermain di siang hari.

    @ tante hani: hehehe… amiin

    @bunda dina.thea: yaaa keramat banget tuuh hihihi… kalo ilang gawaat :p

    @bundit: betuuul itu kipas sate memang anginnya mantaaap🙂

    @bunda shishil: dulu Alfis juga kalo mau tidur pasti deh nenen dulu. Setelah disapih, kebiasaannya berubah

  9. salam dik Alfis, semoga cepet besar, sehat, cerdas, dan bisa membanggakan orang tua “dik tantang dunia dengan luhurnya ahlaqmu”
    …………………………….
    mohon maaf bunda,mohon doa dan bantuannya di
    http://bchree.wordpress.com/2011/03/09/mohon-do%E2%80%99a-dan-bantuannya/
    terima kasih bunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s