Ikan

ikan nila

Judulnya singkat banget ya? Tulisan ini memang tentang hewan air tersebut. Ini gara-gara kemaren tetangga ngasih ikan nila hidup.

“Ikan” adalah salah satu kosakata alfis yang pengucapannya jelas. Selain “susu” dan “minum”. Alfis juga paling suka lihat ikan di kolam. Alfis juga suka lihat ikan di TV atau di buku/majalah/koran. Alfis pernah mencoba pegang ikan. Tapi karena si ikan licin, dia jadi ngga mau lagi pegang ikan. Hanya suka melihat saja. Suatu saat harus dicobain pegang ikan lagi. Supaya ngga jijik ama ikan.

Ikan juga membawa bunda alfis nostalgia zaman hamil dulu. Saat kandungan masih 2-3 bulan, bunda paling suka konsumsi sop ikan atau ikan goreng ala Pak Heri “kabita” Jatibening. Rasanya segar dan pedas. Meski tak terlalu pedas. Ikan gorengnya juga enak, gurih dan garing. Kadang saking garingnya tulangnya pun ikut dikletus (mungkin saat dimasak awal tulangnya sudah lunak).

Akhirnya, si ikan nila pemberian tetangga pun dimasak sop ikan. Ini dia Resep Sop Ikan ala bunda Alfis;

Bahan-bahan

Ikan (gurame atau nila lebih enak) 300 gr dipotong tiga bagian, rendam dengan air jeruk nipis
Dua batang sereh (serai)
2 bh jeruk nipis
air 500 ml
Haluskan:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih (kating)
1 sdt merica
garam
gula
pelengkap:
daun Kemangi
daun bawang diiris serong
4 bh tomat hijau
10 bh cabe rawit merah (atau sesuai selera)

Cara membuat:

  • Tuangkan dua sendok makan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus dan serai yang digeprak hingga harum.
    Masukkan bumbu yang telah ditumis ke dalam air 500ml yang sedang dididihkan. Kemudian masukkan ikan. Lalu masukkan air jeruk nipis.
  • Kemudian masukkan sedikit gula dan cabai rawit merah.
  • Setelah mendidih, masukkan daun bawang. Angkat, sajikan sop ikan bersama tomat hijau dan daun kemangi.

Paling enak disajikan selagi hangat.

catatan:

  • sumber segarnya adalah dari serai dan air jeruk nipis.
  • Jika suka pedas, bisa digeprak dulu cabai rawit merahnya. Paduan cabai dan merica membuat citarasa semakin PEDAS!

Resep lainnya:

 

 

    10 Komentar

    Filed under cerita keluarga, resep

    10 responses to “Ikan

    1. ikan kesukaanku: ) enak dan sehat

    2. wah keliatannya enak nih bun. Contek ya buat nanti wekeend di praktekin, hehehe. Btw selain nila, untuk resep ini bisa pake ikan apa aja??

    3. Bunda, emm gimana ya biar ngilangin aroma bau ikan gurame itu kadang berbau pelet…. mi nda begitu suka karena masih tercium aroma makanan ikan… hikss…

      apalagi ikan bawal…

      tapi mungkin mi siasati diganti ikan laut aja ya bunda.
      makasih resepnya. Mi coba ya

      • kalau ngga suka, bisa kok diganti dengan ikan laut. atau bisa juga diganti dengan udang. jeruk nipisnya dibanyakin aja kalaupun harus memasak menggunakan ikan gurame. atau, ikannya direndam dulu dengan air jeruk nipis atau air blimbing wuluh. selamat mencoba yaaa

    4. aku pecinta ikan,,
      resepnya boleh dicontek,, campuran jeruk nipis dengan ikan udah kebayang segernya..

    5. Waduuuuuuh…
      ikan yak?

      Maap nih Bunda…
      gak bisa komen banyak kalo ngomongin ikan…
      soalnya si ikan suka rada sentimen ama aku…
      jadi…aku lagi musuhan ama ikan…hihihi…

      Kalo lagi ada waktu…
      silahkan dibaca asal usulnya…hihihi…
      http://erryandriyati.blogdetik.com/2010/09/23/ada-apa-dengan-ikan/

      • dimaapkan…hihihi wajar kok, rupa ikan memang sama. sama-sama hidup di air.

        *Sssst.. sebetulnya masih banyak jenis ikan yang aku juga masih belum bisa beda-in.*
        mungkin postingan selanjutnya tentang ikan dan foto-nya yaa.. supaya ngga musuhan lagi ama si ikan. hihihihi

    6. Laily - ibuna Azki

      alfis suka ya bund? hehehe..sama kita, blum lancar men-define ikan..kadang bandeng ketuker kembung, kadang bawal ketuker cue, tapi yg pasti ga mungkin salah ngenalin lele😀

    7. Ping-balik: Gambar Pertama Alfis « Bundalf

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s