Apa yang bisa dilakukan?

pic by: visitindonesia-tourism.blogspot.com

Malam tadi aku terbangun oleh suara gemuruh yang dahsyat. Gemuruhnya sangat keras. Apakah ada diantara para blogger di jakarta yang mendengarnya? Atau kah memang ada stasiun televisi yang menyiarkannya?

 

Tapi, gemuruh itu memang tidak biasa. Pagi tadi aku baru tahu, setelah beberes rumah, ternyata Merapi meletus lagi. Sedihnya ternyata pagi ini harus memakan korban yang cukup banyak. Jarak aman pun semakin diperluas. Menjadi 20 km. Mungkin seharusnya dilebihkan, yakni 30 km. Kalau-kalau terjadi lagi erupsi yang lebih besar di malam hari. Sperti hari ini.

Sedih, karena terpikir ada teman-teman di Sleman. Dan ada keluarga besar di Bantul dan Yogyakarta. Meskipun masih jauh dari Merapi, tetap saja beresiko. Apalagi kini hujan abu dan pasir sudah mulai sampai ke daerah tersebut. Ya Allah….

Saat ini hanya bisa ikut mendo’akan dari rumah. Teman-teman blogger yang baik, apakah ada yang bisa dilakukan oleh selain berdo’a dan menyumbang uang?

Rasanya masih kurang berarti. Melihat situasi di pengungsian dari berita-berita. Sedih rasanya melihat balita yang makannya hanya mie instan dan sarden. Atau hanya roti. Miris.

Untuk saudara-saudaraku di sekitar Merapi, Wasior, dan Mentawai…. semoga Allah selalu menguatkan…

11 Komentar

Filed under berita

11 responses to “Apa yang bisa dilakukan?

  1. semoga musibah ini segera berlalu ya Bunda Dewi.
    dan, meraka yang mengalaminya selalu diberikan ketabahan dan kesabaran ,amin
    Semua nya Allah swt berikan hanya utk kebaikan manusia .
    salam

  2. siapapun pasti tidak pernah bermimpi bakal mengalami bencana sedemikian rupa. (terutama yg di mentawai ya? mengingat Tsunami kan datangnya mendadak! kalo yg merapi mungkin udah ada peringatan dini dari sejak tahun lalu ya?). Saya juga terkadang bingung, gimana caranya bantu selain kirim sumbangan? moga2 bantuan buat kebutuhan para balita juga diutamakan ya?

  3. Ya yang bisa saya lakukan saat ini hanya berdoa dan menyumbangkan materi melalui pundi pundi amal untuk musibah, meski batin saya berontak ingin kesana untuk lebih nyata meringkan beban mereka namun apa daya kondisi tdk memungkinkan…semoga musibah tetap berlalu dan mereka yang ditimpa musibah selalu diberi kekuatan dan kesabaran menghadapinya..amin.

  4. Jogja aman dari abu vulkanik, selama masa periode merapi meletus baru 2x jogja terkena hujan abu vulkanik… Semoga erupsi tak sampai menyambangi kota Jogja

  5. Memang ada sedikit perasaan mengganjal bila tidak mampu berbuat yang lebih baik. Namun walaupun “hanya” sebats menyumbang lewat pundi amal, mengirim pakaian pantas pakai dan berdoa, saya kira masih lebih baik daripada tidak berpartisipasi sama sekali.

    Saya berpikiran mungkin kita perlu lebih menggiatkan amar ma’ruf dan nahi mungkar. Kita tahu setiap bencana yang datang adalah akibat perbuatan tangan kita sendiri. Bisa diperiksa lagi surah (30) Ar-Ruum ayat: 41

    41. Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

    Dan bila bencana datang, semua yang ada akan terkena dampaknya. Termasuk orang yang tidak berbuat kerusakan namun tidak mau memberi peringatan.

  6. Yaaaaaa…
    emang sedih banget liat berita beritanya di tv Bunda:(
    Mudah mudahan aja semua cepet berlalu deh…
    Dan gak nambah korban lagi😦

  7. semoga musibah ini segera berlalu…
    kunjungi ini ya..
    klik ini
    thanks

  8. Semoga Merapi segera bersahabat. Miris dengar dan lihat berita ttg Merapi. Semoga saudara2 kita yang tertimpa musibah selalu tabah dan diberi perlindungan. Amin

  9. My Surya ♥

    …. semoga se-siapa saja yang saat ini sedang menempuh ujian, mari kita saling mendo’akan, ya… Semoga ujian yang sedang kita jalani berujung kesuksesan! Aamin ya Rabbal’alamin.
    (dalam suasana menetesnya titik-titik bening hiasi wajah…)

    -Salam-

  10. Di Jakarta gak kedenger nampaknya gemuruhnya tuh. Sekarang jarak aman udah di persempit ya jadi 10 KM bener kah? Sekarang malah gunung Bromo status Awas ya. Mudah2an situasi kondisi segera membaik ya, amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s