Klinik Terapi Bicara

Sebelum lebaran, Alfis pernah menyempatkan diri mampir ke klinik terapi bicara di jatinegara. Seorang tetangga pernah kesana untuk terapi anak pertamanya yang lambat bicara.

Alfis sudah observasi di klinik tersebut. Kliniknya namanya:
Klinik Bina Wicara “Vacana Mandira”
Jl Kramat VII no.27
Telpon: 3914666
Dekat Apotik Melawai dan halte busway Kramat sentiong.
Jakarta Pusat

Untuk observasi dan konsultasi, biayanya 160 ribu. Gedungnya sudah tua. Seperti bangunan jaman belanda. Pertama kali kesana memang ragu. Karena mirip rumah sakit. Satu orang terapi satu orang anak. Beragam terapisnya. Klinik tersebut sudah ada sejak tahun 1975. (Itu sebelum bundalf lahir!)

Setelah tanya-tanya dan diobservasi, menurut sang observator Alfis bisa bicara dengan sendirinya namun memang agak lama. Tapi kalau diterapi dia bisa lebih cepat perkembangannya dibanding teman se-usianya.

Andai saja pernah belajar ilmunya. Saat ini masih meraba-raba bagaimana cara terapinya. Dan belum tau alat bantu apa yang digunakan untuk terapi. Mencoba caritahu via googling dan belum ada yang oke artikelnya. Maafkan bunda ya nak…

Sampai saat ini, Alfis belum diterapi. Masih menunggu budgetnya terkumpul. Biaya awal terapi meliputi gedung dan buku : 120 ribu rupiah. Sementara biaya terapi per bulan untuk anak-anak dengan pertemuan 2 kali seminggu @ 1 jam adalah 320 ribu. Artinya perlu 440 ribu. Agak mepet menurut perhitungan pendapatan. Ada juga yang pertemuannya 3 kali seminggu atau 4 kali seminggu. Anak-anak dan dewasa biayanya beda.

Tentu saja, bunda berusaha cerewet di rumah agar Alfis ter-stimulan untuk bicara. Semoga saja bisa distimulan sendiri. Masih lihat perkembangan Alfis dan budget. (Hihi sori ya Alf, bukannya pelit tapi memang agak terbatas). :)

Postingan ini sekedar sharing. Tidak ada maksud promosi atau melebihkan atau menjelekkan klinik. Berdasar pengalaman saja.

About these ads

34 Komentar

Filed under terapi bicara, tumbuh kembang

34 responses to “Klinik Terapi Bicara

  1. memang sih lebih baik belajar gm terapisnya yak..baru nanti bs dipraktekkan

  2. klo ibunya bisa cereet dan suka ngegosip, ga bakal susah buat si anak tuk belajar bicara, so pasti kayak ibunya :p hehehe…

  3. ANak pertama saya lebih lambat bicaranya dgn anak kedua saya, skrng jg msh cadel2, tapi tiap anak memang beda2 ya. Semoga dimudahkan ya :)

  4. dhanti

    udah coba di dini center dew ? biayanya 65rb/visit, ambil paket 10 kali datang disc. 10%.

  5. mbak, memangnya kategori telat bicara itu seperti apa sih? dan telat bicara apa memang benar-benar bicara menggunakan kalimat yang jelas ya?

    • Jika berminat terapi wicara di rumah tolong hubungi no. 085770602905. Kami juga menyediakan okupasi terapi seperti membantu perkembangan anak untuk mencapai kemandirian tingkat seusianya. Trimakasih

  6. Ping-balik: Terlambat Bicara « it's my family

  7. Lenny

    Anak saya tidak dapat bicara L dan R, Hampir sama melafalkannya.

    Bukan AUTIS karena semua normal, baik tutur kata, pola pikir dan berkomunikasi dgn lingkungan sekitar.

    Terima kasih

  8. ami

    sharing terapi bicara di rumah…
    - foto / potong gambar, tempel di karton bekas / laminating. Pilih objek yang berhubungan dengan kesukaan anak (anakku sukanya kereta api)

    - dekatkan gambar / objek peraga dekat dengan muka/mulut kita, sehingga anak liat pengucapan kita.

    - sambil bermain (yang anak suka), peragakan kata kerja. misalnya ”buka” ‘tutup” pintu (sambil main rumah2an). ”maju” ”mundur” (sambil main mobil2an)

    - ulang-ulang 1 atau dua kata saja, setelah bisa, ajarkan kata lain. hindari kalimat panjang.

    - ucapkan dengan ekspresi, misalnya ‘panas’ (pegang gelas isi teh hangat, kibas2 kan tangan).

    selamat latihan :-)

  9. irfan

    Putri saya usia 6 th dan memakai abd.saat ini blom dapat berbicara,apakah dpt diiterpi di sana

  10. dea

    Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani:

    * Deteksi dini dengan psikolog
    * Terapi autism
    * Terlambat bicara
    * ADHD, Down syndrom, dan lain-lain

    Dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi, layanan home visit, pendampingan ke sekolah umum.

    informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882.

  11. Gimana sekarang perkembangan bicara Alfis bun? Semoga terapi nya dapat berjalan lancar ya. Salam buat Alfis dari Dita :-)

  12. Saya rina terapis wicara saya siaap membantu anak anda dalam berbicara dengan datang langsung ke rumaaah anda, jika berminat hub. Email saya, rina.abriyanti@yahoo.com. Trims

  13. Muhesuko

    bunda alf yang baik. anak saya $ tahun 6 bulan tapi bahsanya masihplanet juga. maklum selama masa kecilnya dari usia 8 bulan merantau ke daerah yang berbeda

  14. Beldo

    Bunda sy mmh nardo mempunyai masalah dgn kondisi anak percis sm bunda. Bunda sy gaptek nih sy pengen sharing sm bunda bisa kasih no hp bunda ga ke alamat email sy beldoqu@yahoo.com sy lokasi di ciawi bogor makasih banyak yah atas waktunya smoga kt smu slalu di berkahi Allah SWT amin yra
    Hp sy 081511316668

    • Bunda, anak bunda umur berapa ya? Anak saya 28 jan thn ini genap 2 tahun. Bolleh dikatakan mgkn agak lambat bicara. kita bisa saling sharing bunda. Selama ini bunda lakukan apa saja untuk membantunya ?

  15. Bunda alfis, sharing ya bunda, apa saja yang bunda telah lakukan untuk anak bunda? saya tunggu infonya. Setidaknya bisa saling sharing bun. Saya sdh pernah cek salah satu tempat terapi di kota saya, tapi saya hanya sekedar cari info awal dulu.

  16. Syamliati

    bunda,anak sy jg agak telat.skrg umurnya 2thn 5bln,tapi kadang tiba2 ada kata2 yg betul d ucapkan,,,klu cerwetnya minta ampun,hanya bahasax masih bahasa planet,,,,,

    • Rina Abriyanti

      kami menyediakan program terapi wicara di rumah dapat memilih waktu sendiri dan program yang baik untuk perkembangan anak. Silahkan hub. 085770602905

  17. darmiati

    jika ingin harga terjangkau untuk terapi wicara sebaiknya menghubungi sekolah SLB terdekat , konsultasikan masalah anda ambil guru jurusan B / tunarungu untuk memberi privat / terapi wicara pada anak anda. karena penangananan sejak dini sangat disarankan sekali..

  18. lena

    apakah anak bunda alf sekarang sdh bisa bicara?diterapi?umur berapa bisa bicara?sy sedang bingung anak sy belum bisa bicara umur 3 tahun 4 bulan saat ini sedang terapi bicara.

  19. Info aja : untuk homevisit terapi wicara di rumah hub. Saya 085770602905. Kami juga menyediakan terapi remedial untuk anak kesulitan belajar/susah memahami pelajaran di sekolah.
    Di tunggu yahh..jika berminat langsung call aja. Thx

  20. diana

    anak sya umurnya 4thn 3bln tp bicaranya hanya mengambil ujung kta saja.misalnya ma kan si pdhl mama makan nasi.klo di palembang ada nggak tmpt terapi

  21. flavia

    Ternyata banyak juga yang bernasib sama…sampai umur 2 tahun..anak sya hanya jelas melafalkan kata mama..papa..ikan..selebihnya hanya ujung kata saja, itupun kata2 tertentu..semoga semua anak anak kita diberi kelancaran bicara dalam waktu dekat..ammminnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s