Milestone Alfis 20 Bulan


Ga terasa, sudah 20 bulan. Empat bulan lagi, mulai menyapih. Tapi, Alfis belum juga bisa berbicara. Banyak batita seumur Alfis bahkan kurang, sudah banyak kata-katanya. Bahkan ada yang sudah bisa merangkai dua – tiga kata. Terkadang, suka mikir kenapa ya Alfis belum juga bisa bicara? Kadang juga suka merasa bersalah. Merasa bukan bunda yang baik … hiks😦

Don’t worry, be a good mom..

Tetapi, selalu ada aja yang bisa membuat kekhawatiran itu berkurang. Karena, setiap anak berbeda. Yakin pada Yang Maha Kuasa bahwa setiap manusia diciptakan sempurna dan berbeda. Termasuk perkembangan dalam hal berbicara. Sekarang, yang harus dipikirkan dan dilakukan adalah: bagaimana menstimulasi Alfis lebih intens agar ia dapat berbicara.

Awalnya, aku terusik untuk cari tahu tentang terapi bicara. Setelah browsing ternyata kok mahal ya. Jadi mikir2 lagi. Terus, aku baca-baca mailing list dan forum-forum sejenis tentang terlambat bicara. Banyak cerita mommies yang menguatkan. Menurut mereka, the best therapist is : mommy! Ya, therapis yang terbaik adalah orang tuanya sendiri.

Memang banyak juga yang membawa anak mereka ke klinik terapi bicara. Katanya memang lebih cepet, lebih efektif, dan lebih ahli. Tapi, aku mikir lagi. Bagaimanapun, bukankah lebih efektif kalo terapinya di rumah? Lebih intens, lebih deket dengan bundanya, dan lebih-lebih yang lain.

Mungkin aku memang ga belajar formal untuk jadi terapis. Tapi… masa iya sih seorang ibu ga boleh belajar terapi bicara untuk men-stimulus anaknya sendiri?? Toh kalaupun ke klinik, orangtuanya juga tetap harus meneruskan stimulus di rumah… iya kan??

Akhirnya… aku googling untuk menemukan “bagaimana cara terapi bicara”. Dan aku dapat pencerahan dari website ini
http://mommyspeechtherapy.com/
http://www.speechtx.com/

aku link di blog.

Tahap selanjutnya dari perkembangan Alfis adalah toilet training. Karena Alfis belum bisa bicara, maka aku tatur Alfis pipis di waktu-waktu tertentu. Misal setelah bangun tidur atau beberapa waktu diselang setelah dia minum atau nyusu banyak. Pup juga masih di diapers. Karena dia belum terbiasa ngeden kalo ngga pake diapers.

Dan yang terakhir dari perkembangannya adalah berat badannya. Alfis sekarang BB-nya 10 kg. Sebetulnya sih masih masuk chart. Tapi niatnya mau aku tambahin lagi. Kalau tinggi badan, belum diukur. Sepertinya dia sudah lebih dari 80 cm. Selain BB, yang masih da harus diperhatikan adalah pup-nya yang bermasalah. Dia cukup sering konstipasi. Kadang suka kasian, kalo ngeden ampe sekuat tenaga, tapi belum bisa keluar juga. Padahal buah dan sayur juga udah dikonsumsi. Ternyata masih kurang juga seratnya.

Overall, Alfis harus lebih diperhatikan dalam hal berbicara. Setelah itu, yang lain mengikuti… hmmm targetan bunda kali ini banyak juga yaa…

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s