Perpanjang KTP bayar Rp 100 ribu??!

Bener-bener keseeel banget ama petugas-petugas administrasi di kelurahan.

Bikin KTP, kalo mau cepet (katanya kalo cepet itu seminggu) harus bayar Rp 100 ribu per KTP. Sementara kalo ngurus sendiri bayar “administrasi” Rp 20 ribu di kelurahan. Baru jadi setelah 3 minggu. Padahal aturannya bikin KTP n KK ngga bayar. Ada spanduknya di kecamatan.

Sebetulnya di kecamatan emang ga bayar. Tapi di kelurahan disuruh bayar. Petugasnya dengan enaknya minta duit “administrasi”. Belum lagi “ngasih” pak RT yang emang pemasukannya dari warga.

Jalurnya gini, ke RT minta surat pengantar bayar Rp 10 ribu. Lanjut ke kelurahan ngurus formulir bayar Rp 20 ribu. Trus ke kecamatan. Tunggu tiga minggu. Setelah itu ambil KTP ke kecamatan. Kalo bikin KK masih harus ke catatan sipil untuk tanda tangan legalisir. Sementara jarak kelurahan n kecamatan jauuuh.

Sementara kalau ngurus KTP di kelurahan, bayarnya Rp 100 ribu. Mamaku perpanjang KTP beliau dan adekku di kelurahan. Karena ga mau ke kecamatan, mamaku nyerahin ngurus KTP ke petugas kelurahan. Kata petugasnya (dan ternyata orangnya sama ama yg minta Rp 20ribu) bayar Rp 100 ribu per KTP!

Herannya lagi, katanya ada PERDA-nya. Ya Allah… Sebetulnya yang bener tuh gimana sih? Bayar atau gratis? Mana udah gitu ibuku harus nunggu seminggu baru jadi.

Seharusnya, ada kan mesin yang bikin kartu identitas yang cepet. Langsung jadi. Emang kurang duit ya kota Bekasi? Kalo di daerah (luar kota jabodetabek) aja bisa cepet ngurusnya, kenapa di Bekasi ga bisa??

Grrhhh.. Bikin esmosi jiwa. Segitu korupnya kah negeri ini? Sampe2 bikin KTP aja dikorup.

2 Komentar

Filed under Uncategorized

2 responses to “Perpanjang KTP bayar Rp 100 ribu??!

  1. Wuih muahalnyaa..dan lamaa…
    Barusan aku ngurus KTP. Dateng senin, diambil jumat (4 hari kerja). Bayarnya? 40rb di kelurahan, 15rb di kecamatan. Yang di kelurahan itu su’uzhonnya aku dipalak deh :p awalnya pernah dipalak bu RW, kasi 100rb sudah jd KTP & KK. Gara2 aku milih ngurus sendiri, sekarang aku di-persona non grata-kan oleh bu RW, wkwkwkw..

    BTW aku blum ngasih pak RT nih! rencananya mo kasih jeruk 2 kg ajah, nek dikasi duit larinya ga jauh2 dari rokok😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s