Berobat Termurah (versi Bundalf)

Berapa minimal yang harus dibayar ketika Anda berobat?

Kalau Alfis ke RS Mitra, minimal bayar dokter Rp 87 ribu. Belum termasuk obat.

Sementara kalau aku berobat ke dr. Nasrin Kodim, bayar Rp 50 ribu. Sudah termasuk obat.

Beda lagi ketika aku berobat ke dokter Sofin. Beliau buka praktek di desa Merden. Kalau berobat ke beliau, tarifnya Rp 20ribu. Sudah termasuk obat.

Awalnya aku kira, dokter sofin yang termurah. Ternyata ada yang lebih murah. Berobat ke puskesmas.

Kemarin, saat aku berobat ke puskesmas desa Merden, aku kaget. Ngga percaya. Aku hanya bayar Rp 5500 perak. Aku berasa ga enak. Tapi emang tarifnya segitu.

Padahal mungkin kalau beli obat ke warung atau ke apotik mungkin lebih mahal. Mungkin karena itulah jarang dokter yang praktek di puskesmas.

Tapi di sisi lain, masih ada warga yang ngga mampu bayar segitu. Sepertinya pemerintah harus punya strategi dan kebijakan yang jitu untuk masalah kesehatan di pedalaman.

Seharusnya, berobat itu mudah. Dan murah bagi yang tidak mampu. Namun tenaga medis juga harus terjamin kesehatan dan kesejahteraannya. Supaya dapat melayani secara maksimal masyarakat.

Kok jadi serius yaa???

Btw, aku masih ga enak bayar Rp 5500 perak. Rasanya seperti ambil jatah yang ngga mampu. Yaaa.. Mudah-mudahan aja dokter n mantri di puskesmas dapet berkah dan rezeki dari-Nya. Aamin.

Tinggalkan komentar

Filed under kesehatan

Tinggalkan Balasan

