Menu & Gaya Makan Alfis (14 bulan)

Tulisan ini adalah sebagai pengingat tentang menu makanan dan gaya makan Alfis. Sekaligus sharing tentang menu makanan untuk bayi. Khususnya bayi 12 bulan ke atas.

Alfis suka:
– omelet sayuran yang banyak parutan wortelnya (supaya manis)
– abon sapi ! (belum nyoba abon ayam or ikan)
– bubur sumsum (khusus untuk sarapan)
– nasi uduk (khusus sarapan)
– tahu goreng ! (bintang banget nih)
– tempe goreng (khususnya mendoan, tempe goreng biasa kadang-kadang)
– mie/bihun goreng
– ikan rebus dimasak kecap n asem jawa.
– filet ikan goreng tepung (ikannya harus fresh)
– nugget ayam
– Buah ! (kecuali pepaya… aku masih belum tau, kenapa dia ga suka pepaya)
apalagi yaa? hmmm kira-kira itu dulu. Dan yang paling Alfis suka yakni: kerupuk!

Kelakar eyangnya: ‘ntar jadi generasi angin-anginan’. Gara-gara krupuk banyak anginnya?
Sekarang sih udah disiasati, diganti sereal yang kriuk2 (tapi berhasil cuma dua hari aja). Setelah itu harus ganti yang lain.

Gaya makan Alfis:
1. Belakangan ini, dia ga suka makanan berkuah. Jadi, bundanya juga ngikut-ngikut ga masak masakan berkuah deh. (harusnya tetep masak aja ya…)
2. Karena ga berkuah, jadi dia lebih suka disuapin pake tangan ketimbang pake sendok.
3. kalo ada sendok, dia harus makan sendiri
4. kalo makan, bundanya harus makan duluan di depan dia baru dia mau makan.
5. piringnya harus piring bundanya.
6. Seringnya, kalo makan sambil main2… (yeah ini sih harus ngalahin).
7. Kadang, kalo makan harus ada temennya
8. Kalo disuapin, porsi satu suapan harus sedikit, proporsional. Kalo kebanyakan pasti “dilepeh” alias dikeluarkan lagi.

Banyak ya syaratnya?

Oh iya. Setiap hari harus beda menu. Ga masalah meskipun dia udah pernah makan.
Begitulah gaya makan dan menu makan Alfis saat ini. Harus pinter-pinter cari cara dan menu supaya si sibuk ini mau dan doyan makan. Karena dia lagi aktif-aktifnya, lagi seneng jalan, seneng main, seneng eksplorasi.

Satu lagi, kalo lagi ga doyan makan atau ga selera karena sedang sakit atau sebab lain, yang penting adalah jus buah dingin! Hmmm kalo yang satu itu sih bundanya juga mauuuu.

Tinggalkan komentar

Filed under aktivitas, alfis, MPASI, tips dan trik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s