Milestone Alfis (11mth)

Alfis udah masuk bulan ke-11. Waah sebentar lagi setahun. Ga kerasa, waktu cepet banget. Sepertinya baru kemaren aku melahirkan. Perkembangan Alfis udah banyak banget. Apalagi sejak bulan ke-10 kemaren.

Perkembangan motorik kasarnya, dia sudah sagant lihai merangkaknya. Bahkan sangat lihai. Beragam posisi merangkaknya. Kalau ikut lomba merangkak mungkin nomer satu. Cepet banget! Kemaren, waktu main ke tempat Pak Dokter, bunda kewalahan ngejar Alfis yang ngerangkaknya cepet banget. Ngejar temennya. Takut dia keinjek temennya yang pada lari-larian.

Selain merangkak, Alfis udah bisa berdiri sendiri dari posisi duduk. Semua sudut rumah udah dijamah. Kecuali satu ruangan yang emang sengaja dikunci. Karena banyak alat-alat pertukangan yang belom diberesin. Dan hampir semua lemari diacak-acak Alfis.

Meskipun udah bisa berdiri sendiri, Alfis ga dititah. Bunda dan Ayah sengaja ga “nitah” Alfis. Dibiarkan dengan sendirinya dia melangkah. Paling banter, saat dia berdiri, kita menjauh darinya satu-dua langkah supaya Alfis berusaha menggapai kaki orang tuanya. Atau kadang bunda susun kursi supaya dia melangkah dari satu kursi ke kursi lain. Bahkan kadang dia secara tidak sadar mendorong kursi tersebut beberapa langkah. Itu namanya udah bisa jalan belum ya?

Tapi tadi sore, aku baru melihat kalau dia sudah mulai lihai melangkah meskipun baru dua langkah. Awalnya, dia bermain sambil duduk. Lalu tiba-tiba dia berdiri sendiri tanpa pegangan dan berusaha untuk meraih meja yang letaknya lumayan jauh. WOW ternyata dia bisa! Hmmm besok kita lihat lagi apa perkembangannya.

Belajar motorik halus! Alfis sedang getol-getolnya melatih jemari tangannya. Yap! Dia makan dengan tangannya. Kalau disuapi, belum tentu mau. Dia harus mencobanya dulu sendiri. Baru setelah beberapa menit, dia mau disuapi. Tapi dengan syarat, dia juga makan sendiri dengan tangan atau sendoknya. Tiap waktunya makan, itu juga waktunya lantai dan semut ikut makan. HA HA!

Sosialisasinya juga tambah banyak. Dia sekarang kalau ada temannya, pasti langsung ngacir. Bundanya ga diwaro. Ga peduli. Pokoke Alfis main dengan teman-teman. Apalagi kalau ada barang yang menarik bagi Alfis, dengan senang hati dia mau dipeluk atau digendong orang lain. Hmmm yang ini agak mengerikan. Harus waspada bundanya.

Palagi yaaaa??? Oh iyaaaa sekarang perhatiannya ga cuma di darat tapi juga di langit. Dia lagi seneng dengan objek-objek yang terbang di angkasa. Misal, burung, layangan atau pesawat. Kalau lagi lihat langit, dia kadang mengangkat tangannya. Seperti gerakan menjentik ke atas. Hihi manggil burung kali maksudnya yaaa.

Dan sekarang, giginya sudah mau tambah dua lagi. Tadinya enam, sekarang mau delapan. Dan dia seneng tulang ayam sebagai theether. hwkwkwk… Soale, dibelikan theether yang bener ga mau. Ga disentuh sama sekali. Malahan barang-barang lain yang digigit-gigit. HP misalnya.

Alfis sekarang lagi batuk-batuk. Udah tiga minggu. Udah ke dokter sih kemaren. Dia turun 4 gram. Ah semoga besok bisa cepet lagi naiknya. AAMIINN. Ga enak liat dia kurus begitu. Kasian liat dia. Tiap kali batuk, muntah. Mudah-mudahan cepet sembuh. Kalo udah kaya gini, mending bunda yang batuk Alf.

Alhamdulillaah Alf perkembangannya baik. Semoga besok baik terus, dan sehat terusss. Ga enak kalo liat anak sakit. Cepet sembuh ya sayang…

Tinggalkan komentar

Filed under aktivitas, alfis, tumbuh kembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s