Tergoda…

Masuk bulan ke-lima usia Alfis, semakin banyak godaan. Godaan apa? Godaan untuk memberi makanan pendamping selain ASI atau MP-ASI sebelum enam bulan.

Kemarin, Alf main ke tetangga belakang rumah. Main ke opung. Cerita punya cerita, Alfis direkomendasikan untuk diberi makanan bubur susu, pisang dsb. Katanya (kata opung dan mama iwan) “Dia (alfis maksudnya) udah mulai laper kali tuh. Kedengarannya rewel kalo siang. Coba deh dikasi bubur susu atau pisang. Ntar kan dia tidur pules”.

Oh God…keyakinanku mulai tergoyah untuk memberikan Alf ASI eksklusif selama enam bulan. Padahal sebelumnya udah yakin banget dengan rekomendasi WHO n IDAI tersebut.

Ditambah lagi, eyangnya Alfis juga menganjurkan aku untuk ngasih tambahan makanan untuk Alf. Malahan sempet tuh mau dikasih pisang waktu eyangnya di rumah.

Mereka semua beranggapan usus bayi udah kuat menerima makanan. Malahan mama Iwan udah ngasih makanan tambahan sejak umur 2 bulan!

Dulu (kata eyang Alf), aku pun juga udah dikasih makanan pendamping sejak 3 bulan. Ya memang sih sekarang aku juga baik-baik aja. Ga ada kelainan atau alergi. Cuma agak ga suka beberapa jenis ikan,karena males amisnya.

Tapi, apakah hal-hal tersebut merupakan alasan yang kuat? Aku mencoba untuk mencari fakta2 dan artikel2 lain yang mendukung. Mendukung program ASI eks selama enam bulan.

Ternyata dulu, sebelum tahun 2000, ASI ex memang hanya sampai empat bulan. Tapi dunia medis dan penelitiannya terus berkembang. Hingga mencapai kesimpulan bahwa ASI-x harus diberikan hingga usia 6 bulan.

Guna mencegah beragam bakteri dan mikroba jahat masuk dalam pencernaan si kecil sebelum usia enam bulan. Dan menghindari alergi pada bayi. Kecuali ada turunan gen.

Ya, aku kemarin sempat agak ragu. Karena Alf kalo siang agak susah minumnya. Dan aku pun berpikir apa dia memang sudah butuh MP-ASI?

Alasan itu pun terbantahkan sendiri olehku. Setelah aku membaca artikel di IDAI. Alf mungkin males minum ASI karena posisinya yang salah. Karena kalo siang, aku kadang suka ngantuk2 nyusuinnya. Jadilah dia malas minum. Maafin bunda ya, Alf.

Untuk lebih meyakinkan diri, besok kalo Alf imunisasi aku akan konsultasi ke DSA-nya. Godaan memang datangnya bertubi-tubi. PD aja Bunda, kan udah baca banyak artikel. Bismillaah…

3 Komentar

Filed under ASI eksklusif

3 responses to “Tergoda…

  1. kamu print itu hasil browsing, trus disebarkan ke ibu-ibu tetangga ben marem

  2. promosi yang diembel2i AA-DHA-ALA-Linoleat-etc ITB-ITS-UI (hehehe) emang banyak fans nya ya wi

Tinggalkan Balasan

