Program Menidurkan Alfis

Sekitar seminggu yang lalu, Alfis (1,5 bulan) ngga bisa tidur malam. Bahkan bebrapa hari yang lalu, Alfis baru tidur waktu subuh. Memang sih banyak orang yang udah pengalaman bilang itu biasa. Sebelum umur 3 bulan, waktu tidur bayi memang belum tentu. Katanya sih memang belum tahu siang dan malam.

Namun alangkah baiknya kalau Alfis bisa diatur waktu tidurnya. Siang bisa tidur, dan malam juga bisa tidur. Khususnya malam. Karena ayahnya Alfis baru pulang tengah malam. Kasihan juga kalau ayahnya jadi kurang tidur.

Lagipula, beberapa artikel menyebutkan bahwa ketika tidur otak bayi berkembang. Intinya tidur baik untuk bayi. Tidur malam rata-rata 8,5 jam. Dan tidur siang rata-rata 7,5 jam untuk bayi usia 0-3 bulan.

Kemarin malam. alhamdulillaah Alfis tidur nyenyak. Dia udah masuk kamar sejak jam tujuh malem. Dan selanjutnya dia bangun kalau pipis dan lapar. Tapi jaraknya lumayan lama sekitar dua jam. Senangnya lagi, waktu udah jam 00.30, Alfis tidur pulas sampai subuh.

Sekarang Alfis juga tidur, setelah dimandiin tadi jam 8.00.

Sebagai catatan dan berbagi, berikut cara-cara yang kemarin dilakukan. Serta beberapa tips dari orangtua, mbah-mbahnya Alfis (dari pakde dan bude saya)

1. Susui bayi. Setelah diberi ASI, biasanya Alfis mengantuk. Atau usap-usap mata dan telinganya.
2. Kalau sudah mengatuk dan terlihat mau tidur, digendong sambil diayun perlahan. Ini jurus ayahnya Alfis kemarin.
3. Ketika sudah tidur, ditidurkan di kamar yang nyaman dan sepi. Tidak terlalu berisik.
4. Pasang lagu yang mengalun pelan. Kemarin di kamar Alfis, dipasang MP3 relaksasi dari komputer. Lagu terus dinyalakan sepanjang malam.
5. Kalau bayi kaget, buru-buru letakkan telapak tangan kita di dadanya. Tips ini cukup jitu pada Alfis kemarin. Kata bude, si bayi merasa nyaman dengan adanya tangan kita di dadanya. Dia merasa ada teman.
6. Kalau bayi tetap gelisah walau udah diletakkan tangan kita, buru-buru cek popoknya. Siapa tahu basah. Kalau basah cepat diganti.
7. Kalau lapar, susui bayi.
8. Setelah diganti popok atau selesai minum ASI, digendong sambil diayun sebentar.
9. Kalau sudan mengantuk tapi matanya masih terbuka, usap-usap di sekitar matanya.
10. Bisa juga sambl ditepuk-tepuk pantatnya. Atau dibaringkan dan dipegang dadanya sambil detepuk-tepuk pantatnya.
11. Muka bayi diusap dengan air dingin atau hangat. Tergantung cuaca. Bisa dengan tangan atau waslap.
12. Ubun-ubun bayi dipupuk. Cara yang ini akan dijelaskan di tulisan lain.
13. Berdo’a. Tentunya, kita perlu berusaha merawat dan berdo’a untuk sang bayi. Sayangnya ga tau gimana nulis Arabnya. Tapi kira-kira begini do’anya:
” Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah yang sempurna dari gangguan syetan, gangguan binatang, serta dari gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya.” (pagi dan sore)
Semoga bermanfaat. Di lain waktu kalau ada cara lain, akan ditambahkan.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s