Status “E Sakazakii” Pada Susu Formula

Sumber: Kompas, Kamis, 6 Maret 2008 | 01:54 WIB
Sidang Codex Akan Putuskan Status “E Sakazakii”

Jakarta, Kompas – Penelitian yang dilakukan Amerika Serikat menyimpulkan, Enterobacter sakazakii termasuk dalam kategori bakteri patogen bersama bakteri Salmonela yang telah diketahui menyebabkan penyakit. Namun, Sidang Codex Alimentarius Commission pada Juni mendatang di Geneva, Swiss, baru akan memutuskan kategori Enterobacter sakazakii.

Melihat perkembangan ini, Deputi Akreditasi dan Penerapan Standar Badan Standardisasi Nasional (BSN) Sunarya mengatakan di Jakarta, Rabu (5/3), Indonesia sebagai anggota komisi tersebut harus memberikan perhatian pada keputusan itu.

Hal senada dikemukakan Roy Sparringa, Asisten Deputi Urusan Perkembangan Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Standar Codex menjadi benchmark bagi penetapan standar nasional di Indonesia.

Jika sidang komisi Codex menetapkan Enterobacter sakazakii sebagai bakteri patogen, kata Sunarya, yang perlu dikembangkan adalah metode proses yang aman dan metode analisis tingkat keamanannya dalam hal ini susu formula untuk bayi.

Menurut Roy, pengesahan draf ”Code of Hygienic Practice for Powdered Formulae for Infant and Young Children”, Juni mendatang, masih merupakan tahap awal dari penetapan pada tingkat aplikasi keputusan tersebut.

Codex Alimentarius Commission dibentuk tahun 1963 oleh FAO dan WHO untuk mengembangkan standar makanan, panduan dan peraturan dengan tujuan untuk melindungi kesehatan konsumen. (YUN)

Tinggalkan komentar

Filed under berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s