kota tua

museum fatahillah 

museum fatahillah yang terletak di daerah kota punya daya tarik tersendiri bagi ku…

museum fatahillah atau museum jakarta terletak di daerah kota. kalo dari jatibening sih naik bus yang jurusan ke kota yang lewat cempaka putih. Museum ini dulunya tempat para gubernur belanda yang pernah menjajah Indonesia. Jaman namanya masih Jayakarta kali ya… Nah sekarang komplek museum fatahillah, museum wayang, museum bank mandiri, stasiun kota, jembatan merah, dan sekitarnya disebut KOTA TUA. Komplek ini memang peninggalan sejarah jaman Belanda yang bangunannya masih terawat dan beberapa sudah beralih fungsi.

Cerita tentang kota tua aku mo berbagi sedikit tentang museum Fatahillah yang juga pusat KOTA TUA. Masuk ke museum fatahillah, sebelah kanan pintu utama kamu akan menemukan sejarah kota jakarta prasejarah..trus masuk lagi ada prasasti batu peninggalan jaman purnawarman..sejarah lengkapnya, aku lupa. tapi oke juga tau tentang sejarah kerajaan jaman dulu yang sangat menyanjung rajanya. beda banget sama sekarang yang demokratis banget. kalo dulu, masyarakat kesannya mempercayai sang raja terpilih. kalo sekarang, boro-boro percaya ama presiden…

nah setelah kerajaan jadul, masuk ke jaman pertengahan ketika banyak bangsa asing yang menjelajahi dan menjajah tanah jakarta. Sebagian pelaut ada yang meninggalkan cinderamata berupa peta jakarta dan sekitarnya yang masih penuh pu’un dan sawah…ga seperti sekarang yang banyak gedung menjulang dan perumahan kumuh…

kemudian naik ke atas, ada ruangan gueedeee banget yang isinya berbagai pernak-pernik interior jaman belanda. Kursi, meja, lukisan, tempat tidur, gerabah, dll. Banyak juga yang peninggalan bangsa cina pada waktu itu. Ada juga tempat bir jaman belanda. Ruangan yang bikin merinding, adalah ruangan seperti balkon. di tempat ini katanya gubernur yang notabene adalah si penjajah belanda menyaksikan setiap penyiksaan yang dilakukan di tengah-tengah lapangan.

trus agak ke belakang, ada penjara bawah tanah. Sumpah! sempit banget. kalo masuk harus nunduk setengah badan bahkan seperempat bandan alias kudu jongkok. Penjara bawah tanah ini luasnya cuma sebesar rata-rata ruang tamu. Ga ada ventilasi sama sekali. Semua dinding. Di sini katanya penajara wanita, tempat cut nyak dien pernah disekap. Dalam penjara wanita ini, bisa dimuat-muatin sampe 500 orang! Kaya sarden gitu deh. mana ga ada udara. Pintunya juga ga berhubungan langsung dengan udara. Waktu masuk situ, bayangin ada banyak orang, bau amis darah dan keringat. ditambah CO2 yang terus dihasilkan dan dihirup lagi. apa ga mati lemes?

setelah mengunjungi penjara wanita, ada juga penjara bawah tanah di luar yang ada ventilasinya.masih ada tuh batu-batu berat buat borgol tahanan inlander. bueratt pisan. menurutku, pada saat itu masih mending penjara yang berventilasi itu. tapi di luar penjara ada saluran air kotor. bayangin baunya! tapi sekarang sih udah dibersihin meskipun masih tetep bau. katanya tiap seminggu sekali para tahanan yang ada diluar ini yang berventilasi itu, dibanjirin air dari dam yang dibuat belanda. Pastinya mereka akan tenggelam di dalam ruangan kecil itu. Ya Allah…

Sementara di sayap kiri gedung banyak peninggalandi zaman penjajahan belanda. Ada benda-benda interior, peta, lukisan para penguasa belanda yang tinggal di Jakarta, dll. Inget J.P Coen? Nah lukisan dia ada di gedung bagian ini. Trus ada juga berbagai kesenian Jakarta hasil perpaduan antara Arab, Belanda, Spanyol, dll.

Di bagian belakang gedung ada taman lumayan besar yang ada meriam2, prasasti, patung, dan sumur2. Salah satu meriam yang terkenal adalah si jagur yang bentuknya berbeda dari meriam lain… lihat bedanya?

  meriam jagur

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “kota tua

  1. trio

    hihihi kenapa ya meriam si Jagur itu tangannya kok porno gitu sih hihihi jadi pengen liat ke sana lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s