Daun Pegagan, Tanaman Liar yang Meningkatkan Daya Ingat

Daun Pegagan

Liburan kali ini bundalf menyempatkan diri konsultasi dengan seorang ahli herbal di Banjarnegara. Ahli herbal seperti seorang ahli farmasi yang tau beragam tanaman obat dan khasiatnya.

Bahkan mereka tahu jumlah yang dibutuhkan atau diperbolehkan. Sebab memang ada beberapa tanaman yang sifatnya keras dan dapat merusak organ tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

Salah satu daun berkhasiat yang aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang adalah pegagan.

Daun pegagan atau yang biasa disebut panegoang di jawa tengah, adalah tanaman berkhasiat bagi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mampu meningkatkan daya ingat.

Daun pegagan banyak tumbuh di parit-parit sawah. Tumbuhnya bersama dengan rumput liar lainnya. Tanaman ini bagus untuk dikonsumsi sehari-hari. Sebagai pengganti ginko biloba yang terdapat dalam suplemen sintetis.

Mengkonsumsi pegagan atau panegoang bisa dikonsumsi dalam bentuk segar sebagai lalap misalnya. Atau dikeringkan seperti teh.

Tanaman ini juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Bahkan baik sekali untuk kecerdasan. Bunda mencoba memberi Alfis daun ini dalam bentuk segar. Tapi daunnya saja. Dan diberikan per lembar di tiap suapan. Ternyata bisa masuk tuh.

Kalau dikonsumsi segerombol banyak, daun ini pahit rasanya. Tapi karena alfis makannya per daun, rasa pahitnya tidak terlalu kentara. Oh iya, mengkonsumsi daun ini juga bagus untuk penderita autis. Tapi tentu saja harus dibarengi terapi dari orang tua ya.

Mau mencoba???

About these ads

16 Komentar

Filed under alfis, kesehatan, Tanaman Obat & Herbal

16 responses to “Daun Pegagan, Tanaman Liar yang Meningkatkan Daya Ingat

  1. beli daunnya dimana bun?

  2. Tulisan yang sangat menarik !! :)
    Sejak dulu pegagan mulai sering digunakan sebagai campuran obat herbal maupun kecantikan. Perpaduan antara pegagan, habbatusauda dan bee pollen, dapat memperlancar peredaran darah pada pembuluh darah otak, pertumbuhan dan pertumbuhan sel jaringan otak, meningkatkan konsentrasi dan daya pikir, kekebalan tubuh, mengatasi diabetes, asma, tukak lambung, prostat, kelainan jantung, hipertensi, anemia, memulihkan gangguan sistem pencernaan, gangguan persendian, membersihkan darah, memperlancar air seni.

    http://www.jualherbalkolesterol.wordpress.com

  3. belum pernah lihat daunnya …

  4. Foto daunnya ditampilin dong bun :-)

  5. @ All: maaf ya, baru di upload gambarnya setelah sekian lama.

  6. dimas

    bu mau tanya, bisa dapat daunnya di mana ya ?

  7. ternyata banyak sekali tanaman-tanaman yang bermanfaat disekitar kita namun kita belum banyak tahu. ayoo sahabat2 yang super kita selidiki… :-)

  8. Anak saya yg kedua Laki2 umur 5,5th selalu ceria,lucu dan sehat setelah terserang demam, flue & batuk batuk,segera saya periksakan ke dokter seperti biasanya,setelah kurang lebih 1 minggu Berat Badan drop hingga 2Kg dan kelihatan lemas,dokter belum menemukan gejala2 flek. Prinsip saya tidak akan menggunakan obat kimia dalam jangka lama,setelah menelusuri berbagai blog dan website mengenai tanaman herbal untuk flek saya menyimpulkan bahwa tanaman liar pegagan ini sbg solusi untuk obat. Biarpun anak saya sudah mulai pulih dan ceria, alangkah baiknya mencegah lebih baik dari pada mengobati,toh tanaman tersebut mudah ditemukan disawah dan tentu gratis. Terimakasih yang telah memuat artikel ini tentang tanaman pegagan. Allah Maha Besar!

  9. dimakan setiap hari, ada efeknya merusak organ gak yaaa……

    • Setahu saya, pegagan itu biasa untuk makanan lalapan. Di daerah ibu saya, pegagan namanya panegoang. Di daerah sunda juga biasa untuk lalapan. Semestinya tidak merusak organ. CMIIW.

  10. lilik koestini

    Bagus infonya! Bunda, saya juga berharap menemukan informasi tentang tanaman liar, yang di daerah saya dinamakan “kemendilan”. tumbuh di rerumputan di kebun atau sawah. Daun tanaman ini sering dikonsumsi untuk sayur, dan kadang untuk ramuan jamu yang diperuntukkan untuk melancarkan ASI bagi ibu menyusui. mungkin Bunda bisa memberikan informasi yang lebih detail tentang kandungan zatnya dan kegunaannya.

  11. terima kasih atas informasinya bun,mudah-mudahan Allah memberi kesembuhan pada anak saya,berkat tumbuhan pegagan/antanan

  12. mirna

    apa daun pegagan bisa menyembuhkan penyakit flek.
    truz apa daun pegagan bisa nambah nafsu makan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s